Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Promosikan Pariwisata Jateng, Tour de Borobudur Kembali Digelar

Kompas.com - 06/10/2017, 16:27 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis


SEMARANG, KOMPAS.com – Setelah sukses pada gelaran Tour de Borobodur 2016, agenda untuk memadukan memadukan kegiatan olahraga dan pariwisata kembali digelar tahun ini. Sama seperti sebelumnya, jarak yang ditempuh dalam etape ini sejauh 200 kilometer.

Ada tiga kategori yang digelar, yaitu 200 Kilometer, kemudian 100 Kilometer dan kategori VVIP. Kegiatan gowes untuk membelah keindahan alam Jawa Tengah ini digelar pada 11-12 November 2017.

Ketua Panitia Tour de Borobudur, Santo menyatakan, acara kali ini berbeda dengan gelaran sebelumnya. Khusus tahun ini, rute yang dilewati benar-benar akan mengeksplorasi potensi keindahan alam Jawa Tengah melalui olahraga sepeda.

(BACA: Tak Perlu Bingung Cari Penginapan di Dekat Borobudur...)

Hal berbeda misalnya soal rute yang ditempuh. Dalam kategori 200 Kilometer, peserta gowes akan menjumpai banyak naik turun gunung melewati sejumlah obyek wisata.

“Jalur dan rute tahun ini yang menantang. Kami mencoba mengeksplorasi keindahan alam Jawa Tengah yang jarang ditemui,” kata Santo.

Kegiatan ini pun didukung oleh Klub Semarang Bicycle Association (Samba) dan Bank Tabungan Negara (BTN).

(BACA: Mengapa AirAsia Pilih Corak Borobudur, Bromo, dan Wayang Kulit di Badan Pesawat?)

Rute 200 Km nantinya menyajikan potensi wisata alam di Waduk Jatibarang, di mana ada kera-kera hidup di sana, lalu di Limbangan Kendal yang masih dapat melihat burung elang jawa.

Untuk kategori 200 Km peserta start dari Kantor Gubernuran Jateng di Jalan Pahlawan Semarang kemudian melewati jalur tengah yakni melewati Jalur Gunungpati Semarang - Limbangan Kendal - Sumowono, Kabupaten Semarang - Temanggung hingga berakhir Magelang. Untuk kategori 200 Km sudah ada 150 peserta yang mendaftar, 20 di antaranya dari mancanegara.

Sementara untuk kategori 100 Km para peserta akan mengambil start dari Mako Brimob Banyumanik melewati jalur Semarang- Lingkar Ambarawa - Banyubiru hingga ke Kabupaten Magelang. Untuk kategori kedua yang mendaftar sudah 1.030 peserta.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dipastikan akan kembali ikut serta dalam gelaran wisata ini. Pria yang mempunyai gowes ini akan ikut etape terjauh yaitu 200 Km.

"Event ini memiliki banyak manfaat. Di antaranya tentu mengenalkan alam Jawa Tengah. Apalagi nanti juga akan ada peserta dari luar negeri," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com