Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Lupa Coba Buah Keranji di Aceh

Kompas.com - 29/10/2017, 20:30 WIB
Masriadi

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com – Bagi wisatawan yang sedang berkunjung di Banda Aceh, jangan lupa mencoba rasa buah keranji di sepanjang jalan lintas Banda Aceh ke Lhok Nga, Kabupaten Aceh Besar. Buah ini berbentuk mungil dengan kulit hitam keabuan. Rasanya mirip dengan asam jawa.

Puluhan pedagang buah keranji itu mudah ditemui jika Anda ingin menuju kawasan obyek wisata Pantai Lhok Nga. Dari arah Banda Aceh jaraknya sekitar 30 menit berkendara.

(Baca juga : Buah Pala yang Jadi Aset Utama di Pulau Banda)

Salah seorang pedagang, Hamidah, kepada KompasTravel, Sabtu (28/10/2017) menyebutkan buah itu dibeli dari para pengepul buah keranji. Umumnya mudah ditemukan di kawasan Gunung Geurute, tak jauh dari kawasan itu.

(Baca juga : Yuk Cicipi Burger Mesrah Pendopo di Aceh)

Buah mungil ini menjadi salah satu khas Lhok Nga, Kabupaten Aceh Besar. Harganya sekitar Rp 3.000- Rp 5.000 per ikat. Tergantung ukuran ikatan buah keranji tersebut.

“Ramai yang beli, karena bisa dijadikan pengganti permen. Rasanya agak asam-asam dan sedikit manis. Jadi ini bisa menemani berkendara,” kata Hamidah.

Dia menyebutkan wisatawan mancanegara atau wisatawan lokal kerap singgah ke pondok tempatnya berjualan untuk membeli buah keranji itu. “Saya pikir di Aceh hanya di sini saja yang masih menjual buah keranji. Tumbuhan ini tak mudah tumbuh di sembarang tempat,” katanya.

Untuk memakan buah keranji, cukup mengupas kulitnya yang mirip asam Jawa itu. Lalu isaplah di lidah, maka dia akan lumes dan terasa segar di kerongongan. Nah, jika ke Aceh, jangan lupa mencicipi buah keranji, si hitam nan nyaman di lidah itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com