Destinasi Kuliner Solo Diburu Tamu Nikahan Kahiyang-Bobby - Kompas.com

Destinasi Kuliner Solo Diburu Tamu Nikahan Kahiyang-Bobby

Muhammad Irzal Adiakurnia
Kompas.com - 09/11/2017, 16:20 WIB
Suasana sekitar warung es Dawet Telasih Bu Dermi  di Pasar Gede Hardjonagoro, Solo, Jawa Tengah, Jumat (22/7/2016). Semangkukk es dawet telasih ditawarkan dengan harga Rp 8.000.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Suasana sekitar warung es Dawet Telasih Bu Dermi di Pasar Gede Hardjonagoro, Solo, Jawa Tengah, Jumat (22/7/2016). Semangkukk es dawet telasih ditawarkan dengan harga Rp 8.000.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ribuan tamu pernikahan Kahiyang Ayu yang datang ke Solo sejak Senin (6/11/2017), ternyata membawa dampak positif bagi para penjual kuliner di Solo.

Menurut Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Solo, Wahyu Kristina hal ini terlihat dari kepadatan yang semakin bertambah di beberapa destinasi wisata terutama wisata kuliner dan belanja.

(Baca juga : 5 Fakta Unik tentang Kota Tempat Kahiyang-Bobby Menikah)

"Yang terlihat nyata adalah destinasi wisata kuliner. Sejak Senin kemarin sudah dibanjiri tamu-tamu luar daerah," ungkapnya saat dikonfirmasi KompasTravel, Kamis (9/11/2017).

Dari pantauannya dan tim pemasaran Dinas Pariwisata Solo, ada beberapa titik penumpukan sejak awal kedatangan. Beberapa kuliner khas Solo menjadi tempat yang banyak dipadati tamu undangan.

Nasi Liwet Bu Sri di Pasar Gede, Solo, Jawa Tengah. KOMPAS.com/ Lulu Cinantya Mahendra Nasi Liwet Bu Sri di Pasar Gede, Solo, Jawa Tengah.
"Terlihat ramai mengunjungi kuliner pecel solo, timlo, bakmie, soto bahkan di segala tempat, nasi liwet, tengkleng klewer," ungkapnya yang masih terus memantau hingga Kamis ini.

Salah satu tempat yang sangat terlihat ramai orang berkuliner ialah di Pasar Gede Solo. Pasar legendaris Solo tersebut memang jadi tempat berbagai kuliner tradisional yang melegenda.

(Baca juga : Cerita di Balik Sate Kere, Hidangan Pernikahan Kahiyang-Bobby )

Tak heran jika Presiden Jokowi memiliki banyak kuliner langganannya di pasar tersebut. Seperti es dawet telasih, timlo, nasi liwet dan yang lainnya.

Selain Pasar Gede, beberapa kuliner lainnya menyebar. Tak hanya di pusat kota ataupun destinasi kuliner favorit seperti Pasar Klewer dan Pasar Gede tetapi hingga Solo Raya.

Tengkleng kambing Mbak Diah, Solo.KOMPAS.COM/SILVITA AGMASARI Tengkleng kambing Mbak Diah, Solo.
"Menyebar juga mas, wisata kuliner sama belanjanya sampai Solo Raya," ujar Kristina.

Ia tentunya menanggapi positif hal tersebut, dan berterima kasih kepada para tamu yang telah berbagi rezeki pada masyarakat Solo.

(Baca juga : 6 Hidangan Legendaris Solo di Pasar Gede )

Meski begitu, ia masih belum bisa memberi data mengenai berapa angka peningkatan yang didapatkan dari sektor kuliner dan wisata setelah kedatangan ribuan tamu pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby.

PenulisMuhammad Irzal Adiakurnia
EditorWahyu Adityo Prodjo
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM