Hotel di Singapura Luncurkan Layanan Robot "Housekeeping" - Kompas.com

Hotel di Singapura Luncurkan Layanan Robot "Housekeeping"

Silvita Agmasari
Kompas.com - 14/11/2017, 06:04 WIB
Robot housekeeping di Hotel Jen Orchardgateway dan Tanglin Singapore.Dok. Shangri-La International Hotel Robot housekeeping di Hotel Jen Orchardgateway dan Tanglin Singapore.

JAKARTA, KOMPAS.com - Semakin banyak hotel yang menggunakan robot untuk melayani tamu. Tak hanya di Jepang, baru baru ini, Hotel Jen Orchardgateway dan Tanglin Singapore di SIngapura menghadirkan dua robot untuk menjadi pelayan housekeeping.

"Hotel Jen dengan bangga menjadi merek pertama dari grup Shangri-La yang memperkenalkan teknologi ini. Rekan terbaru ini akan menjadi tim yang baik untuk mengerjakan hal penting dan mengantarkan dengan gaya istimewa," kata Executive Vice President of Shangri-La Hotels and Resorts, Cetin Sekercioglu dikutip dari siaran pers yang diterima KompasTravel, Kamis (9/11/2017).

Duo robot housekeeping tersebut diberi nama Jeno dan Jena. Layaknya petugas housekeeping, mereka juga mengenakan seragam yang bewarna merah muda dan toska. Seragam ini bergambar jas, terinspirasi butler atau pelayan pribadi.

Jeno dan Jena berbentuk silinder, berukuran tinggi satu meter, dilengkapi roda di bagian bawah. Keduanya dapat berjalan dalam kecepatan aman, 2,5 kilometer perjam.
Ukuran tersebut adalah setengah dari kecepatan berjalan manusia pada umumnya. Kedua robot ini juga dilengkapi sensor sensitif untuk menghindari rintangan di jalan.

Robot housekeeping mengantarkan perlengkapan mandi dan makanan ke tamu hotel. Dok. Shangri-La International Hotel Robot housekeeping mengantarkan perlengkapan mandi dan makanan ke tamu hotel.

Meski ditempatkan di lobi hotel, Jeno dan Jena dapat naik elevator dan melakukan panggilan telepon ke kamar. Mereka juga dapat mengantarkan makanan serta perlengkapan mandi ke kamar tamu.

"Melalui robot Relay ini, sekali lagi Hotel Jen membuktikan bahwa dapat mengejutkan dan menyenangkan para pencari petualangan di kota," sebut Sekercioglu.

Untuk melaksanakan tugas, robot housekeeping telah terintegrasi dengan sistem perangkat lunak untuk mendeteksi pesanan para tamu. Robot ini sendiri dibuat oleh perusahaan teknologi Savioke dengan nama asli Relay. Berfungsi untuk mengantarkan barang di lingkungan yang sibuk seperti kantor, hotel, atau apartemen.

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

PenulisSilvita Agmasari
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM