4 Kuliner Hongkong yang Wajib Dicoba saat Musim Dingin - Kompas.com

4 Kuliner Hongkong yang Wajib Dicoba saat Musim Dingin

Muhammad Irzal Adiakurnia
Kompas.com - 07/12/2017, 18:05 WIB
Menu dimsum di restoran Lin Heung Kui di daerah Sheung Wan, Hongkong.KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA Menu dimsum di restoran Lin Heung Kui di daerah Sheung Wan, Hongkong.

JAKARTA, KOMPAS.com –  Musim dingin di Hongkong adalah waktunya berwisata kuliner yang hangat dan menggugah selera. Karena negara dengan hidangan ala Canton ini memiliki kuliner berbeda pada tiap musim.

Berikut KompasTravel rangkum beberapa kuliner khas Hongkong yang dapat Anda cicipi pada musim dingin.

Salah satu kedai yang menjual makanan olahan tahu di kawasan Sham Sui Po, Hongkong. Salah satunya adalah kembang tahu yang disantap bersama dengan bubuk gula merah.KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Salah satu kedai yang menjual makanan olahan tahu di kawasan Sham Sui Po, Hongkong. Salah satunya adalah kembang tahu yang disantap bersama dengan bubuk gula merah.

1. Kembang tahu

Kelembutan kembang tahu dengan rendaman kuah hangat dari rempahnya bisa mengobati dinginnya Hongkong di akhir tahun. Saking lembutnya, kembang tahu atau tofu pudding ini tak perlu dikunyah. Langsung meluncur mulus di tenggorokan Anda.

Salah satu tempat tradisional untuk menikmati tofu pudding yang terkenal ialah Kung Woo Beancurd di Cheung Sha Wan Road.

2. Teh susu tarik

Ramuan teh susu lokal Hongkong telah ada sejak tahun 1950-an. Kini teh susu menjadi salah satu hidangan wajib di musim dingin bagi wisatawan. Selain hangat, teh susu juga tersedia dalam bentuk dingin.

Teh susu tarik di Hongkong berasal dari racikan teh hitam Srilanka. Dicampur menggunakan susu evaporasi yang ditarik menggunakan saringan seperti stocking. Prosesnya mirip kopi tarik atau teh tarik di Aceh.

3. Steam boat

Steam boat di Hongkong juga merupakan salah satu hidangan ala Canton yang berbeda dengan steam boat di Indonesia. Steam boat di sini sangat dijaga kesegarannya. Cara mengonsumsinya pun tidak dimasukan dalam rebusan secara bersamaan.

Anda juga dapat menemukan berbagai jenis isian steam boat mulaidari  vegetarian, ragam daging segar, hingga goreng-gorengan.

Salah satu menu Dimsum di kantin Islamic Center, Ammar and Osman Ramju Sadick Islamic Centre, Oi Kwan Road, di daerah Wan Chai, Hongkong.KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Salah satu menu Dimsum di kantin Islamic Center, Ammar and Osman Ramju Sadick Islamic Centre, Oi Kwan Road, di daerah Wan Chai, Hongkong.

4. Dimsum

Salah satu hidangan khas kanton Hongkong ini banyak terdapat di sudut Kota Hongkong. Hidangan yang dikukus ini amat lezat dilahap saat masih hangat, dengan tambahan sup dan segelas teh hangat.

Ada 150 item menu dimsum di berbagai restoran Hongkong, yang tentunya bisa Anda pilih sesuai selera dan kebutuhan. Ragam menu tradisionalnya ialah pangsit udang kukus, siomay, cheung fan, lumpia, pangsit udang goreng, dan lainnya.

Di Hongkong, kita tak hanya bisa mencoba dimsum tradisional tapi juga bisa menemukan dimsum "kekinian" yang sangat instagramable.

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

PenulisMuhammad Irzal Adiakurnia
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM