Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkunjung ke Taman Ujung di Karangasem, Bali

Kompas.com - 13/01/2018, 15:09 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun 1963, Taman Ujung di Kabupaten Karangasem, Bali pernah hancur lantaran letusan Gunung Agung. Sempat terbengkalai, sampai tahun 2003 wisatawan dapat menikmati kembali keindahan Taman Ujung.

Taman Ujung merupakan taman rekreasi yang dibangun pada 1909 di bawah pemerintahan Raja Karangasem. Sang Raja yang juga tercatat sebagai raja terakhir bertakhta di Karangasem bergelar Ida Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem.

(Baca juga : 5 Destinasi Wisata di Karangasem, Wajib Mampir Kalau ke Bali!)

Dulu Taman Ujung dibangun sebagai tempat peristirahatan keluarga kerajaan dan menjamu tamu. Sekarang wisatawan lokal maupun mancanegara berkunjung ke Taman Ujung.

Dengan luas 10 hektare, ada banyak hal yang dapat dilakukan di Taman Ujung. Berfoto di tengah taman air dan keindahan bangunan arsitektur Eropa-Bali jelas jadi hal wajib. Wisatawan juga dapat bermain rekreasi air, bersantai di bale (pendopo), dan melihat sejarah Kerajaan Karangasem di Taman Ujung.

Pada 1963, taman ini pernah hancur karena letusan Gunung Agung dan sempat terbengkalai. Hingga akhirnya sekitar tahun 2000, pemerintah daerah merenovasi semua taman dan bangunan sampai semirip mungkin dengan aslinya. KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI Pada 1963, taman ini pernah hancur karena letusan Gunung Agung dan sempat terbengkalai. Hingga akhirnya sekitar tahun 2000, pemerintah daerah merenovasi semua taman dan bangunan sampai semirip mungkin dengan aslinya.
Banyaknya lokasi indah di Taman Ujung, membuat banyak pasangan melakukan sesi foto pra nikah di sana. Harga masuk ke Taman Ujung juga terbilang murah Rp 10.000 per orang.

(Baca juga : 6 Spot di Bali untuk Berburu Matahari Terbit Awal Tahun 2018)

Untuk menuju Taman Ujung terbilang menantang karena minim transportasi umum. Taman Ujung terletak di Desa Ujung, Jalan Raya Taman Tumbu, Karangasem, Bali.

Dari pusat Denpasar memerlukan waktu sekitar dua jam perjalanan, dengan jarak tempuh 70 kilometer ke Taman Ujung. Menyewa kendaraan lebih disarankan untuk berwisata ke Taman Ujung. Apalagi letaknya dapat diakses di map digital.

Taman Ujung di Karangasem, Bali.KOMPAS.COM/NI LUH MADE PERTIWI F Taman Ujung di Karangasem, Bali.
Jika ingin berkunjung ke Karangasem menggunakan kendaraan umum dari Bandara Ngurah Rai dapat naik bus Trans Sarbagita jurusan Nusa Dua-Batubulan. Dari Batubulan, Gianyar, bisa naik kendaraan umum berupa minibus ke Karangasem.

Namun minibus ini singgah terlebih dahulu di Terminal Klungkung, Kabupaten Klungkung, sebelum melanjutkan perjalanan ke Karangasem.

******************

Mau merasakan liburan seru ke Pulau Bali? Kali ini liburannya gratis dan ke destinasi anti-mainstream! Selama empat hari tiga malam, seluruh biaya peserta sudah ditanggung. Termasuk tiket PP Jakarta-Bali, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone OPPO F5.

Caranya mudah, ikuti photo competition 'Unforgettable Journey'. Klik link ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com