Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Kota Ini, Kakek-Nenek Habiskan Masa Tua dengan Damai

Kompas.com - 03/07/2018, 15:22 WIB
Azwar Ferdian,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

VOLENDAM, KOMPAS.COM - Perjalanan kehidupan manusia dimulai dari lahir, balita, anak-anak, remaja, dewasa, hingga menua dan meninggal dunia. Itu rantai kehidupan yang wajar dan jamak dilalui semua orang.

Pertanyaannya, bagaimana kita bisa melewatinya, bahkan bisa terus bahagia menikmati hidup di hari tua?

Bila berkesempatan berkunjung ke Belanda, coba mampir ke kota nelayan nan indah bernama Volendam. Kota kecil yang damai di pesisir pantai, dengan rumah-rumah khas Belanda yang langsung menghadap ke lautan dan langit berwarna biru.

Di Indonesia, bila ada spot indah seperti ini pasti akan langsung berdiri hotel atau resort megah, dengan embel-embel bintang lima namun hanya untuk kalangan terbatas (orang yang punya uang).

Volendam, kota nelayan yang indah di BelandaAzwar Ferdian/Kompas.com Volendam, kota nelayan yang indah di Belanda

Lain halnya dengan Volendam. Awalnya kota ini adalah kota nelayan di utara Belanda, 20 kilometer dari Amsterdam. Seiring berjalannya waktu, kota ini disulap jadi kota tradisonal Belanda dengan rumah-rumah yang khas.

Uniknya, rumah-rumah cantik yang menghadap langsung ke laut itu ditempati oleh orang-orang berusia lanjut. Ternyata, di sini memang adalah tempat lansia bahagia itu menghabiskan sisa hari tua.

"Coba lihat rumah-rumah itu, kelihatannya seperti kosong tanpa penghuni. Tapi itu diisi oleh orang-orang lansia, mereka menyewa rumah-rumah itu untuk tempat tinggal, sekaligus menikmati hari tua," jelas Ebert, pemandu tur Kompas.com di Belanda beberapa waktu lalu.

Volendam, kota nelayan yang indah di BelandaAzwar Ferdian/Kompas.com Volendam, kota nelayan yang indah di Belanda

Jalan sedikit sekitar 500 meter, kita akan menemui "pusat ekonomi" kota Volendam. Ada restoran dan kafe dengan makanan khas Belanda. Ada juga penjual souvenir ciri khas Belanda. Tapi yang selalu ramai dikunjungi turis adalah tempat berfoto menggunakan baju adat khas Belanda.

Di depan gerai foto tersebut, dipajang foto-foto orang-orang terkenal dari Indonesia, baik pejabat maupun selebriti. Sebut saja mantan presiden Indonesia Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Taufik Kiemas dan Megawati.

Ada juga foto mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), dan lainnya.

Mantan Presiden RI, Abdurrahman Wahid dan keluarga berfoto mengenakan baju khas Belanda.Azwar Ferdian/Kompas.com Mantan Presiden RI, Abdurrahman Wahid dan keluarga berfoto mengenakan baju khas Belanda.

Memang kota ini menjadi salah satu destinasi terbaik para turis asing yang datang ke Belanda. Volendam adalah tempat yang pas untuk kita mengingat dan merencanakan hari tua.

Konon kabarnya, seniman besar dunia Pablo Picasso dan Pierre-Auguste Remoir sering menghabiskan waktu di Volendam untuk mencari inspirasi buat karya-karya maestronya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com