Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ke Mana Perginya Koin yang Dilempar Turis di Air Mancur Roma?

Kompas.com - 16/01/2019, 10:49 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah kepercayaan berkembang di kalangan wisatawan dunia sejak lama. Barang siapa yang melempar uang koin lewat bahu ke air mancur Trevi di Roma, maka akan diberi keberuntungan dan akan kembali lagi ke Roma suatu hari nanti.

Dari kepercayaan tersebut, uang koin yang terkumpul dari air mancur Trevi berjumlah fantastis. Dalam satu tahun terkumpul uang koin dengan nilai total 1,5 juta Euro atau setara Rp 24,2 miliar.

Uang tersebut sempat menjadi perdebatan di kalangan penduduk Roma. Sebab beredar kabar uang koin yang dikumpulkan dari air mancur Trevi tak lagi disumbangkan ke badan amal tetapi untuk pemerintah kota Roma mulai April 2019.

Namun Wali Kota Roma Virginia Raggi menampik kabar tersebut dan menegaskan uang koin dari air mancur Trevi akan tetap diberikan ke badan amal Caritas agar disalurkan ke orang yang membutuhkan.

Air Mancur Trevi di Roma, Italia.Wantedinrome Air Mancur Trevi di Roma, Italia.

Selama ini, uang koin tersebut digunakan untuk membantu tunawisma dan keluarga yang mengalami kesulitan finansial.

Uniknya tradisi melempar uang koin ke air mancur Trevi ini sebenarnya bermula dari film komedi romantis Hollywood, Three Coins in the Fountain. Kemudian air mancur ini semakin populer karena film La Dolce Vita pada 1960.

Saking banyaknya uang koin yang dilempar ke air mancur Trevi, pemerintah kota Roma kewalahan untuk membersihkan tumpukan koin dan memperbaiki lubang-lubang di jalan dan trotoar kota yang terkena lemparan uang koin terlalu sering.

Dalam satu tahun juga ada laporan dari 4.500 pengemudi di Roma yang meminta kompensasi karena mengalami luka terkena uang koin saat berkendara dekat air mancur Trevi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com