Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungan ke Candi Prambanan Balap Candi Borobudur pada Oktober 2021

Kompas.com - 19/11/2021, 15:03 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Marketing & Service Director PT Taman Wisata Candi (TWC) Hetty Herawati mengatakan, jumlah kunjungan ke Candi Prambanan membalap kunjungan ke Candi Borobudur sepanjang Oktober 2021.

“Pengunjung Borobudur pada bulan Oktober berkisar antara 350-2.000 orang. Prambanan terendah 200, tertinggi 2.900 pada bulan yang sama,” kata dia, Kamis (19/11/2021).

Sementara untuk Ratu Boko, salah satu tujuan wisata yang juga berada di bawah pengelolaan PT TWC ini hanya mendapat sekitar 50-600 orang pada bulan itu.

Baca juga:

Adapun, kunjungan yang menurun di Candi Borobudur disebabkan larangan anak usia di bawah 12 tahun berwisata pada saat itu.

Sementara untuk Candi Prambanan, PT TWC sudah mengizinkan anak-anak berusia di bawah 12 tahun untuk berkunjung sejak 19 Oktober 2021. Begitu juga dengan kunjungan ke Ratu Boko.

Candi Borobudur, wisata populer di Magelang, Jawa Tengah.DOK. PUSKOMPUBLIK KEMENPAREKRAF Candi Borobudur, wisata populer di Magelang, Jawa Tengah.

“Pada awal uji coba pembukaan destinasi wisata candi, yang mana anak di bawah 12 tahun yang belum divaksin tidak boleh masuk, terpantau lebih dari 60 persen calon pengunjung urung masuk,” tuturnya.

Sebagai informasi, Candi Borobudur di Kabupaten Magelang sudah dibuka kembali untuk umum sejak 18 September selama periode PPKM Jawa-Bali.

Kendati demikian, saat itu pihak PT TWC masih belum mengizinkan anak berusia di bawah 12 tahun untuk berkunjung.

Baca juga:

“Mulai tanggal 16 November 2021, seiring menurunnya kasus Covid-19, Borobudur mulai diperbolehkan menerima anak berusia di bawah 12 tahun,” jelas Hetty.

Saat ini, anak-anak berusia di bawah 12 tahun sudah boleh berkunjung ke Candi Borobudur. Syaratnya adalah sebagai berikut:

  • Untuk orangtua, sudah memiliki aplikasi PeduliLindungi dan divaksin Covid-19 minimal dosis pertama
  • Untuk anak berusia di bawah 12 tahun, harus didampingi oleh orangtua yang memenuhi syarat pada poin sebelumnya
  • Seluruh wisatawan wajib mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, dan tidak berkerumun
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com