Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Wisata Edukasi di Bogor, Cocok buat Liburan Sekolah

Kompas.com - 13/06/2023, 09:50 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu kegiatan untuk mengisi liburan sekolah adalah mengajak anak-anak mengunjungi wisata edukasi. Sembari rekreasi, anak-anak bisa belajar di alam.

Baca juga:

Jika berada di Bogor, ada sejumlah tempat wisata edukasi di Bogor yang cocok buat liburan sekolah. Mulai dari agrowisata, konservasi satwa, taman bermain, dan sebagainya. 

Wisata edukasi di Bogor

Berikut rekomendasi tempat wisata edukasi di Bogor yang bisa kamu kunjungi saat liburan sekolah.

1. Taman Safari 

Taman Safari Bogor, Jawa Barat DOK. Shutterstock/Greg PWShutterstock/Greg PW Taman Safari Bogor, Jawa Barat DOK. Shutterstock/Greg PW

Taman Safari adalah tempat wisata keluarga populer yang berada Cisarua, Bogor. Obyek wisata ini adalah konservasi satwa sekaligus wahana edukasi bagi anak-anak untuk mengenal beragam fauna secara dekat.

Melansir dari laman resminya, ada beragam aktivitas edukasi untuk anak-anak yang bisa dilakukan di Taman Safari. Mulai dari Safari Tour, mengunjungi Istana Panda, Safari Trek dan Outbond, serta Safari Malam.

Sembari berwisata, anak-anak bisa mengenal lebih dekat aneka satwa. Ada promo tiket khusus liburan sekolah pada periode 24 Juni sampai dengan 16 Juli 2023, yakni Rp 230.000 per orang. 

2. Kuntum Farmfield  

Ilustrasi wisatawan di Kuntum Farmfield, Kota Bogor, Jawa Barat.Dok. Shutterstock/Novie Charleen Magne Ilustrasi wisatawan di Kuntum Farmfield, Kota Bogor, Jawa Barat.

Kuntum Farmfield wisata edukasi bertema agrowisata. Jadi, anak-anak bisa melakukan berbagai kegiatan di alam saat liburan sekolah.

Berdasarkan informasi dari situs Kuntum Farmfield, pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan, mulai dari memberi makan ternak, bercocok tanam, naik kuda, dan lainnya.

Kuntum Farmfield memiliki area peternakan, pertanian, dan perkebunan mandiri yang menjadi wahana petualangan bagi anak-anak. Lokasinya berada di Jalan Raya Tajur No. 291 Sindangrasa, Bogor.

3. Cibalung Happy Land 

Cibalung Happy Land Bogordok. https://www.cibalunghappyland.co.id Cibalung Happy Land Bogor

Jika mencari wisata keluarga dengan tema outdoor, maka Cibalung Happy Land bisa menjadi alternatif. 

Berdasarkan informasi dari situs Cibalung Happy Land, ada sejumlah wahana yang tersedia baik untuk keluarga maupun rombongan dalam jumlah besar. Mulai dari agrowisata, wahana permainan, rafting, outbond, dan lainnya.

Selain itu, obyek wisata ini juga menyediakan paket glamping untuk pengunjung yang ingin bermalam di alam terbuka.

Lokasinya berada di Jalan Cihideung Kampung Cibalung, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor. 

Baca juga:

4. Kebun Raya Bogor 

Ilustrasi Kebun Raya Bogor di Kota Bogor, Jawa Barat.Dok. kebunraya.id Ilustrasi Kebun Raya Bogor di Kota Bogor, Jawa Barat.

Kebun Raya Bogor adalah kebun botani terbesar dan tertua di Asia Tenggara yang berada di Kota Bogor. Kamu bisa piknik sambil belajar berbagai pengetahuan mulai dari flora, fauna, hingga sejarah.

Dengan luas mencapai 87 hektar, Kebun Raya Bogor memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan.

Sejumlah aktivitas yang bisa dilakukan di Kebun Raya Bogor antara lain, bersepeda, piknik di bawah pohon rindang, melihat Istana Kepresidenan Bogor, mengunjungi Taman Meksiko yang berisi spesies tumbuhan iklim kering, dan mendatangi Museum Zoologi. 

Lokasinya pun sangat strategis karena berada tak jauh dari Stasiun Bogor. Harga tiket masuk Kebun Raya Bogor adalah Rp 15.500 per orang pada weekday dan Rp 25.500 pada weekend dan libur nasional. 

5. Museum Zoologi

Kerangka paus biru yang dipamerkan di Museum Zoologi Bogor. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Kerangka paus biru yang dipamerkan di Museum Zoologi Bogor.

Seperti disampaikan sebelumnya, Museum Zoologi berada di dalam kawasan Kebun Raya Bogor. Mengutip Kompas.com (17/2/2023), museum ini terdapat 954 hewan yang diawetkan. 

Mulai dari burung, mamalia, reptil amfibi, serangga, ikan, dan sebagainya. Selain itu, terdapat informasi mengenai satwa tersebut, sehingga bisa menjadi edukasi bagi pengunjung.

Harga tiket masuknya mulai Rp 15.000 per orang pada weekday dan Rp 25.000 saat weekend dan libur nasional.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com