Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Kebun Binatang di Yogyakarta, Bisa Ajak Anak Saat Libur Sekolah 

Kompas.com - 13/06/2023, 23:23 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Bermain ke kebun binatang menjadi salah satu aktivitas menyenangkan bagi anak-anak untuk mengisi libur sekolah. Ada sejumlah kebun binatang di Yogyakarta yang bisa dikunjungi saat libur sekolah.

Baca juga:

Selain melihat koleksi satwa, anak-anak juga bisa berinteraksi langsung dengan memberi makan atau berfoto.

Kebun binatang di Yogyakarta juga dilengkapai dengan fasilitas penunjang lainnya seperti restoran, spot foto, taman bermain, dan toko suvenir.

Kebun binatang di Yogyakarta

Berikut rekomendasi kebun binatang di Yogyakarta seperti dihimpun Kompas.com. Beberapa diantaranya berupa mini zoo dengan beragam koleksi satwa.

1. Gembira Loka Zoo 

Gembira Loka Zoo di YogyakartaDok. Gembira Loka Zoo Gembira Loka Zoo di Yogyakarta

Gembira Loka Zoo adalah wisata kebun binatang dan edukasi satwa yang berada di Yogyakarta. Alamatnya di Jalan Kebun Raya Nomor 2, Rejowinangun, Kecamatan Kotagede, Yogyakarta. 

Berdasarkan informasi dari situs Gembira Loka Zoo, ada beragam koleksi fauna di kebun binatang ini yang terbagi menjadi enam zona. Meliputi, zona cakar, zona mamalia, petting zoo, zona primata, zona reptil, dan taman burung.

Selain itu, Gembira Loka Zoo dilengkapi berbagai fasilitas, seperti Presentasi dan Edukasi Satwa (PES) mamalia, Presentasi dan Edukasi Satwa (PES) aves, gerai souvenir, dan restoran atau kantin.

Pengunjung Gembira Loka Zoo juga bisa menikmati beragam wahana seperti memberi makan hewan (petting zoo), terapi ikan, interaksi gajah, dan naik ATV.

Harga tiket Gembira Loka Zoo terbaru adalah Rp 60.000 per orang pada Senin hingga Jumat. Sementara, harga tiket Gembira Loka Zoo pada Sabtu, Minggu, dan libur nasional sebesar Rp 75.000 per orang.

2. Suraloka Interactive Zoo 

Suraloka Interactive Zoo Jogja, salah satu kebun binatang di YogyakartaDok. Suraloka Interactive Zoo Suraloka Interactive Zoo Jogja, salah satu kebun binatang di Yogyakarta

Pilihan kebun binatang di Yogyakarta lainnya adalah Suraloka Interactive Zoo. Wisata keluarga ini berada di kaki Gunung Merapi. Tepatnya, Jalan Boyong Nomor 97, Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. 

Pengunjung bisa melihat koleksi satwa sekaligus berinteraksi dengan mereka. Mulai dari kelinci, kuda, kambing, tupai, dan masih banyak lagi.

Selain melihat dan berinteraksi dengan satwa, anak-anak bisa melakukan kegiatan lain seperti flying fox, high rope, indoor playground, dan sebagainya. Harga tiket masuk Suraloka Interactive Zoo mulai dari Rp 30.000 per orang.

Baca juga:

3. Agrowisata Bhumi Merapi 

Agrowisata Bhumi Merapi, tempat wisata edukasi di YogyakartaInstagram @agrowisatabhumimerapi Agrowisata Bhumi Merapi, tempat wisata edukasi di Yogyakarta

Agrowisata Bhumi Merapi merupakan eduwisata yang terletak di lereng Gunung Merapi, Yogyakarta. Obyek wisata ini cocok untuk dikunjungi bersama anak-anak.

Tersedia mini zoo di Agrowisata Bhumi Merapi. Mengutip Kompas.com (18/8/2022), pengunjung bisa belajar budidaya hewan di Agrowisata Bhumi Merapi. Mulai dari memberi makan kelinci, menyentuh ular, menyentuh kura-kura, hingga memberi susu ke kambing. 

Pengunjung juga bisa berfoto di berbagai spot Instagramable, salah satunya mitip di Santorini, Yunani. Harga tiket masuk Agrowisata Bhumi Merapi adalah Rp 35.000 per orang. 

Lokasinya berada di  Jalan Kaliurang Km 20, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, atau di belakang Balai Desa Hargobinangun.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com