Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencarian Akomodasi di Singapura Naik Hampir 9 Kali Lipat Jelang Coldplay

Kompas.com - 24/06/2023, 19:19 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Platform perjalanan digital, Agoda, telah mencatat peningkatan pencarian sebesar 8,7 kali lipat untuk akomodasi di Singapura selama rangkaian konser Coldplay di Januari 2024. Lonjakan ini paling banyak berasal dari negara tetangga, yakni Indonesia dan Malaysia.

“Berdasarkan data pencarian Agoda, Singapura juga mungkin akan mengalami peningkatan kedatangan wisatawan dari Hong Kong, Thailand, Amerika Serikat, Australia, Vietnam, India, Filipina, dan banyak negara lainnya,” kata Regional Associate Vice President Agoda untuk Southeast Asia, Enric Casals, dalam keterangan tertulis, Sabtu (24/6/2023).

Baca juga: Konser Coldplay di Singapura Berlangsung 6 Hari dengan Tiket yang Lebih Murah, Kemenparekraf Buka Suara

Adapun data tersebut berasal dari data pencarian akomodasi Agoda di Singapura dengan menganalisis tren pencarian antara tanggal 18-20 Juni 2023 untuk check-in pada tanggal 23-31 Januari 2024, dibandingkan hari kerja yang sama seminggu sebelumnya.

Konser musik jadi alasan bepergian

Peningkatan yang signifikan ini, kata Casals, sejalan dengan peluncuran tiket untuk rangkaian konser Coldplay yang berlangsung selama enam hari dan sangat dinanti-nantikan masyarakat di dunia.

“Ini menunjukkan besarnya pengaruh musik sebagai alasan utama orang-orang melakukan perjalanan,” ungkapnya.

Dengan konser yang terdiri dari enam show, Singapura akan menjadi perhentian utama di Asia selama tur Coldplay yang bertajuk 'Music of the Spheres World Tour'.

"Musik menginspirasi passion banyak orang, dan para penggemar yang berdedikasi ini sungguh luar biasa karena mereka akan melakukan perjalanan jauh demi menyaksikan konser idolanya secara langsung," imbuhnya.

Baca juga: Nonton Coldplay di Singapura Naik Kapal dari Batam, Berapa Bujetnya?

Lonjakan pemesanan akomodasi ini, Casals menjelaskan, adalah bukti dari daya tarik yang sangat luar biasa dari pengalaman menonton konser musik secara langsung.

Kenaikan pencarian tertinggi untuk perjalanan ke Singapura adalah sebagai berikut:

  1. Indonesia
  2. Malaysia
  3. Filipina
  4. Brunei
  5. Amerika Serikat
  6. Thailand
  7. Sri Lanka
  8. Hong Kong
  9. China
  10. Australia

Penawaran dari Agoda

Meski ada lonjakan pemesanan dan pencarian properti di Singapura, Casals mengatakan, masih ada beragam penawaran yang bisa didapatkan di Agoda dengan banyaknya hotel yang dapat dipilih di Kota Singa.

Poster konser Coldplay, Music of the Spheres World TourLive Nation SG Poster konser Coldplay, Music of the Spheres World Tour

“Para wisatawan dapat menikmati diskon tambahan saat memilih paket penerbangan dan hotel untuk perjalanan ke Singapura dan ke seluruh dunia,” ujarnya.

Penawaran tersebut, menurut dia bisa membantu wisatawan keliling dunia dengan harga yang lebih murah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com