Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ancol Bidik 600.000 Pengunjung Saat Libur Sekolah, Dufan Jadi Favorit

Kompas.com - 29/06/2023, 14:13 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Libur sekolah yang cukup panjang, sekitar mulai Sabtu (24/6/2023) sampai Minggu (9/7/2023), membuat masyarakat mulai memadati sejumlah tempat wisata populer di Jakarta, salah satunya Ancol. 

Direktur Operasional PT Pembangunan Jaya Ancol, Eddy Prastiyo, mengatakan bahwa selama libur sekolah tahun ini, pihaknya menargetkan hingga 600.000 kunjungan wisatawan ke tempat rekreasi di Jakarta Utara itu.

Baca juga:

"Selama liburan ini target kami 600.000 pengunjung yang masuk ke Ancol. Untuk high season rata-rata pengunjungnya sekitar 50.000-60.000 per hari," kata Eddy saat ditemui di Ombak Laut, Ancol, Jakarta Utara, Selasa (27/6/2023). 

 

Ia menyampaikan, sejak Sabtu (24/6/2023) hingga Selasa (27/6/2023) lalu, setidaknya sudah ada sekitar 200.000 pengunjung yang datang ke Ancol. 

"Saat hari biasa yang bukan liburan biasanya 20.000 pengunjung per hari. Sabtu Minggu bisa hampir tiga kali lipat, 50.000-60.000. Nah kalau high season meningkat lagi di atas 70.000 per hari. Memang fluktuatif, tapi biasanya segitu," terangnya.

Peningkatan jumlah kunjungan di Ancol saat high season seperti libur sekolah kali ini, menurut Eddy, terjadi sejak seminggu lalu saat anak-anak sudah menerima rapor atau telah merayakan kelulusan. 

Rata-rata penjualan tiket pun dikatakan naik hingga sekitar 30-50 persen dari hari biasanya. 

Dufan dan pantai jadi favorit

Ilustrasi Pantai Ancol di Jakarta Utara.Dok. Taman Impian Jaya Ancol Ilustrasi Pantai Ancol di Jakarta Utara.

Dari pantauan Kompas.com pada Selasa (27/6/2023) siang, para pengunjung sudah mulai memadati area Ancol. Terutama unit-unit rekreasi yang populer, seperti Dunia Fantasi (Dufan), Sea World, dan pantai. 

Eddy mengatakan, taman dan pantai merupakan area yang paling banyak dikunjungi, khususnya saat sore hari. Namun, untuk harian, Dufan menjadi yang paling diminati.

"Dufan jadi pilihan utama para pengunjung saat sebelum pandemi normalnya dulu 2,5-3 juta orang per tahun. Kalau unit lain Sea world dan lainnya itu satu juta orang per tahun," kata Eddy. 

Baca juga:

Ia menjelaskan, Dufan mencatat jumlah kunjungan terbanyak juga karena kapasitas kunjungan dan luas lahannya paling besar. 

"Hampir semuanya kebagian (ramai kunjungan), tapi kalau dibilang yang paling besar volume itu Dufan, karena secara kapasitas juga paling besar. Tapi persentase mirip-mirip," lanjutnya.

Sementara itu, untuk jumlah kunjungan ke taman dan pantai Ancol yang juga digemari masyarakat, kata dia, umumnya mulai ramai didatangi pada sore menuju malam hari. 

"Sedangkan yang mau ke pantai biasanya untuk kuliner dari sore ke malam. Jadi mereka memang mau makan, bersantai, berenang, dan lain-lain," tuturnya.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com