Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Naik Bus Wara-wiri Gratis di Ancol, Naik dari Halte Ini

Kompas.com - 29/06/2023, 21:07 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tempat rekreasi Ancol di Jakarta Utara memiliki fasilitas bus umum gratis yang bisa mengantarkan pengunjung ke berbagai atraksi di dalam kawasan. 

Selama periode libur sekolah, terdapat setidaknya lima unit bus Wara-wiri dengan dua warna atau jalur yang beroperasi.

Baca juga: Ancol Buka Lebih Lama Selama Liburan Sekolah, Catat Jam dan Agendanya

Jam operasionalnya lebih panjang dari biasanya, menjadi pukul 06.00-23.00 WIB setiap hari selama momen libur sekolah. 

"Selama pekan liburan sekolah ada lima unit bus Wara-wiri. Ada dua rute yang melayani pengunjung dibagi atas rute selatan dan rute rute utara," kata Head Of Corporate Communications PT Pembangunan Jaya Ancol, Ariyadi Eko Nugroho, saat ditemui di Ancol, Jakarta Utara, Selasa (27/6/2023). 

Interior di dalam bus Wara-wiri di Ancol, Jakarta Utara. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Interior di dalam bus Wara-wiri di Ancol, Jakarta Utara.

Rute jalur selatan berwarna biru, melayani pengunjung ke Gondola (Atlantis, Sea World, Samudra, dan Jakarta Bird Land), Pasar Seni, Ecovention Hall, Dufan, Danau/Monumen, halte Transjakarta, dan pintu gerbang barat. 

Sedangkan rute jalur utara berwarna merah melayani Taman Lumba-lumba (Atlantis, Sea World, Samudra, Jakarta Bird Land), Danau/Monumen, Symphony of The Sea, Pantai Lagoon, Pantai Carnaval, Bende (gong Ancol), dan Beach Pool.

Baca juga: Apakah Boleh Membawa Makanan ke Ancol?

Pengunjung bisa tinggal naik bus ini dari halte terdekat yang umumnya tersebar di seluruh unit atau titik rekreasi Ancol.  

Tips naik bus Wara-wiri gratis di Ancol

Dari pengalaman Kompas.com, Selasa (27/6/2023) menaiki bus Wara-wiri, berikut tips yang disampaikan oleh pengemudi bus bernama Wahyu:

1. Naik dari halte awal

Salah satu halte bus Wara-wiri yang bisa ditemukan di dalam Ancol, Jakarta Utara. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Salah satu halte bus Wara-wiri yang bisa ditemukan di dalam Ancol, Jakarta Utara.

Sebagai informasi, tempat duduk di dalam bus Wara-wiri hanya berjumlah 15 buah, sedangkan sisanya harus berdiri. Seringkali pengunjung kesulitan mendapat kursi karena bus gratis ini banyak diburu. 

Jika ingin mendapatkan tempat duduk di dalam bus atau ingin sepi, Wahyu menyarankan pengunjung agar naik di titik awal atau tempat istirahat bus. 

"Kalau mau lebih sepi, naik di pintu masuk atau titik awal, sudah pasti kosong. Awal mula parkirnya itu di Gondola karena ada terminal Wara-wiri, bisa buat transit. Sama di gerbang masuk," kata dia. 

Baca juga: Daftar Harga Tiket Masuk Ancol Saat Libur Sekolah 2023, Ada Promo

Adapun gerbang masuk Ancol yang terdekat dengan halte bus Wara-wiri adalah pintu gerbang barat atau pintu gerbang Dufan. Tinggal jalan sedikit dan kamu bisa menemukan haltenya. 

@kompastravel Jangan lupa mampir ke Taman Burung kalau lagi di Taman Mini Indonesia Indah.. Harga tiketnya Rp. 30.000/ orang. Suasana tempatnya super refreshing, bahkan sedikit mengingatkan aku dengan vibes Hutan Pandora di film Avatar. Taman Burung ini ternyata merupakan tempat penangkaran dan pelestarian dari 100 jenis burung. Kapan nih kamu bakal berkunjung ke sini? #tmii #tamanburungtmii #explorejakarta #jakartaplacetogo #ngabuburitjakarta ? Becoming one of "The People" Becoming one with Neytiri

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com