Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tempat Wisata Air di Kabupaten Semarang, Bisa Main Saat Liburan

Kompas.com - 30/06/2023, 06:41 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Menjajal aktivitas wisata air bisa menjadi pilihan saat sedang berada di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Ada beberapa wisata alam maupun buatan yang dapat dikunjungi untuk menghabiskan waktu liburan.

Baca juga: 10 Wisata Sejarah di Semarang, Cocok buat Liburan Sekolah Edukatif 

Berikut beberapa tempat wisata air di Kabupaten Semarang yang dapat dikunjungi saat libur panjang.

Wisata air di Kabupaten Semarang

1. Bukit Cinta Rawa Pening

Pengunjung berfoto di jembatan panjang Bukit Cinta Rawa Pening, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.KOMPAS.com/Anggara Wikan Prasetya Pengunjung berfoto di jembatan panjang Bukit Cinta Rawa Pening, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang Wiwin Sulistyowati mengatakan, Bukit Cinta Rawa Pening adalah salah satu destinasi wisata air unggulan yang dapat dikunjungi, seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (29/6/2023).

Di sana, pengunjung bisa mengelilingi Rawa Pening dengan menaiki perahu wisata.

Baca juga: Berbenah, Obyek Wisata Air di Kabupaten Semarang Bersiap Gaet Pengunjung

Sedikitnya ada 80 perahu yang dikelola oleh nelayan dengan pembinaan dari Dinas Perhubungan dan bisa digunakan oleh para wisatawan.

Aktivitas ini disarankan dilakukan pada pagi hari saat rawa masih bersih.

"Keamanan terjamin karena pengunjung dan driver perahu harus selalu mengenakan pelampung dan perangkat pengamanan yang lain," kata Wiwin.

Lokasi Bukit Cinta Rawa Pening ada di Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang.

2. Muncul Water Park

Obyek wisata Muncul Water Park menjadi salah satu wahana permainan air yang dikelola Pemkab SemarangKOMPAS.com/Dian Ade Permana Obyek wisata Muncul Water Park menjadi salah satu wahana permainan air yang dikelola Pemkab Semarang

Menurut penjaga Muncul Water Park, Rian Kristiawan, ada beberapa wahana yang bisa digunakan pengunjung di sana, meskipun mayoritas adalah atraksi anak.

Terdapat dua kolam dangkal, kolam air hujan, ember tumpah, dan wahana permainan anak. Ada pula dua seluncuran dengan trek sepanjang sekitar 20 meter.

"Kalau disini memang khusus untuk anak-anak, karena memang tujuannya untuk bermain," ujarnya, seperti dikutip Kompas.com.

Baca juga: 5 Wisata Petik Buah di Semarang, Ada Jambu Kristal hingga Durian

Lokasi Muncul Water Park ada di Rowoboni, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang. Di sepanjang jalan menuju lokasi, pengunjung akan disuguhi pemandangan Rawa Pening yang menyegarkan mata.

3. Kali Odo

Pengunjung menikmati kesegaran air di Kali Odo Desa Gedangan Kecamatan Tuntang Kabupaten SemarangKOMPAS.com/Dian Ade Permana Pengunjung menikmati kesegaran air di Kali Odo Desa Gedangan Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang

Mampir ke Sumber Mas Kali Odo juga bisa menjadi pilihan jika mencari tempat wisata air di Kabupaten Semarang.

Dikutip dari Kompas.com (25/6/2023), sumber mata air ini memiliki keunikan, yakni debit airnya meningkat saat kemarau dan menyusut saat musim penghujan.

Baca juga: Sejuknya Kali Odo, Wisata Air Unik di Kabupaten Semarang

Dulunya, tempat ini menjadi sumber air untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat sekitar. Namun, setelah ada PDAM, Kali Odo beralih fungsi menjadi tempat wisata dan dapat dijadikan tempat berenang.

Lokasinya ada di Desa Gedangan Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

@kompastravel Rekomendasi baru untuk akhir pekan kamu! Menara Langit Merapi. Dari spot ini kita bisa lihat view yang begitu cantik nan hijau dari ketinggian. Selain itu, kamu bisa menyaksikan indahnya Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Perbukitan Menoreh, hingga Gunung Sindoro-Sumbing di ujung cakrawala barat. Tertarik untuk berkunjung ke sini? Save dulu aja dan tag teman kamu! #wisatalebaran #exploremagelang #wisatamagelang ? Lofi Vibes

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com