Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejuknya Kali Odo, Wisata Air Unik di Kabupaten Semarang

Kompas.com - 25/06/2023, 10:35 WIB
Dian Ade Permana,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

UNGARAN, KOMPAS.com - Wisata alam selalu memiliki daya tarik tersendiri. Kesegaran air yang murni dan lingkungan sekitar yang sejuk seolah jadi tempat yang cocok untuk terapi diri.

Seperti Sumber Mas Kali Odo yang berada di Desa Gedangan Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Apalagi, sumber mata air ini punya keunikan. Saat musim kemarau, debit air di Kali Odo malah meningkat, sementara pada musim penghujan akan menyusut.

Baca juga: 5 Wisata Sekitar Alun-alun Bandungan, Indahnya Lereng Gunung Ungaran

Menurut seorang pengelola wisata Sumber Mas Kali Odo, Hartono, proses alam mengenai debit air tersebut telah berlangsung sejak zaman dahulu.

"Ceritanya itu memang dari zaman leluhur, jadi ada permintaan kalau musim penghujan sungai akan kering agar bisa menampung air hujan," ungkapnya, Minggu (18/6/2023).

Hartono mengatakan ada tujuh sumber yang mengaliri Sumber Mas Kali Odo. Airnya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat sekitar, seperti minum dan kebutuhan rumah tangga.

Namun, karena saat ini sudah banyak masyarakat yang menggunakan air PDAM, Kali Odo beralih fungsi menjadi tempat wisata.

"Kami memanfaatkan aliran sungai yang jernih dan ada spot untuk berenang juga, sehingga sejak 2018 ini dikelola menjadi wisata desa dengan andalan sumber air tersebut," kata Hartono.

Baca juga: 10 Wisata Sejarah di Semarang, Cocok buat Liburan Sekolah Edukatif 

Adapun Kali Odo paling ramai dikunjungi saat akhir pekan, terutama sore hari. Selain keluarga, banyak pula pengunjung anak muda yang datang untuk bermain air dan makan-makan di warung.

Untuk memanjakan pengunjung, di sekitar aliran Kali Odo dibangun gazebo-gazebo serta beberapa warung untuk beristirahat atau sekadar menikmati kopi.

Gazebo yang seadanya ini ternyata dilihat sebagai hal positif oleh wisatawan karena dianggap masih mempertahankan keaslian lingkungan.

"Pengelola hanya membangun seperlunya, tidak berlebihan. Sehingga suasana kelestarian dan alaminya sangat terasa. Gazebonya juga bagus sehingga enak berada di Kali Odo ini," kata Ririn, pengunjung asal Salatiga.

Baca juga: Wisata Kuliner ke Pasar Jaten Semarang, Jajan Pakai Uang kepeng

Dia mengaku sudah beberapa kali mengunjungi Kali Odo karena jaraknya yang relatif dekat.

"Dekat dari rumah, sehingga kalau ingin mencari tempat refreshing, sering ke Kali Odo. Makanannya juga murah-murag," ucapnya.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com