Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tempat Liburan di Bangka Tengah, Ada Danau Kaolin yang Airnya Biru

Kompas.com - 30/06/2023, 16:12 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Kabupaten Bangka Tengah di Kepulauan Bangka Belitung bisa jadi destinasi liburan yang menarik, khususnya bila menyukai wisata alam. 

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Bangka Tengah, Zainal menyebutkan lima tempat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan saat momen liburan, antara lain ada Danau Kaolin dan Danau Pading.

Baca juga:

"Sejumlah obyek wisata tersebut merupakan destinasi wisata unggulan Bangka Tengah yang menjadi favorit dan selalu ramai dikunjungi wisatawan pada hari libur," tuturnya, dikutip dari Antara, Jumat (30/6/2023).

Ia pun memperkirakan jumlah kunjungan wisatawan pada libur Idul Adha 2023 tahun ini akan meningkat dibanding tahun 2022. Hal ini lantaran pada hari pertama libur Idul Adha 2023, wisatawan dari berbagai daerah mulai berdatangan, walau jumlahnya belum signifikan.

"Namun, kami memprediksi jumlah kunjungan wisatawan lebih ramai dibanding tahun sebelumnya karena panjangnya waktu libur nasional, diikuti pula libur sekolah hingga 17 Juli 2023," terangnya.

Terkait hal itu, berikut daftar tempat wisata di Bangka Tengah yang populer saat liburan:

Rekomendasi tempat wisata populer di Bangka Tengah

1. Danau Kaolin 

Ilustrasi Danau Kaolin di Bangka Tengah, Bangka Belitung.Dok. Shutterstock/Gri_gal45 Ilustrasi Danau Kaolin di Bangka Tengah, Bangka Belitung.

Zainal menyampaikan, Danau Kaolin di Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, termasuk salah satu tempat wisata ramai dikunjungi wisatawan dari luar daerah. 

Berjarak sekitar 66 kilometer (km) dari Bandara Depati Amir, Danau Kaolin merupakan lubang bekas penambangan bijih timah. Awalnya kawasan tersebut gersang dengan kondisi alam yang sudah rusak.

"Danau Kaolin ini awalnya lubang (kolong) bekas penambangan bijih timah dengan struktur tanahnya putih berlumpur dengan air yang keruh, namun seiring perjalanan waktu air kolong tersebut berubah menjadi biru," terang Zainal.

Ia melanjutkan bahwa perpaduan warna putih dan biru tersebut digemari wisatawan milenial lantaran pas sebagai lokasi berfoto.

Baca juga:

2. Danau Pading

Danau Pading, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung.DOK KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF Danau Pading, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung.

Selain Danau Kaolin, Danau Pading juga menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan dari luar daerah. 

Terletak di kaki Bukit Pading, danau ini berlokasi di Desa Perlang, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah. Jaraknya dari Bandara Depati Amir sekitar 78-79 km.

"Danau Pading ini merupakan kolong atau lubang bekas penambangan bijih timah yang disulap menjadi obyek wisata, letaknya berada di kaki Bukit Pading sehingga menyuguhkan panorama alam yang sangat menarik," terang Zainal.

Baca juga: Bukit Pinteir Bangka Tengah yang Dekat Bandara dan Hotel, Pas untuk Pencinta Hiking

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com