Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Mendaki Ijen, Bisa Lepas Lelah di Kolam Air Panas Blawan

Kompas.com - 09/07/2023, 20:53 WIB
Achmad Faizal,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Usai mendaki dan menikmati panorama Gunung Ijen, jangan langsung pulang. Luangkan waktu singgah di kolam air panas Blawan yang lokasinya tidak jauh dari pintu keluar masuk wisata Gunung Ijen.

Lokasinya ada di Desa Kalianyar, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Ada sejumlah kolam yang disediakan dengan kedalaman dan suhu panas air tertentu, mulai dari 30-40 derajat celcius.

Baca juga: 4 Geopark di Indonesia Masuk Jaringan UNESCO Global Geopark, Ada Ijen

Selain merendam kaki, pengunjung juga bisa berendam seluruh tubuh untuk relaksasi pascapendakian.

Air panas alami mengandung belerang itu juga diyakini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti melancarkan aliran darah, membersihkan kulit dan meredakan peradangan, hingga melemaskan otot yang tegang.

Martudji, salah satu pengunjung mengaku rasa capeknya di persendian berkurang usai berendam sekitar 30 menit di kolam dengan suhu mencapai 35 derajat celcius.

Warga Sidoarjo ini dan beberapa rekannya melakukan pendakian pada Sabtu (8/7/2023) pagi pukul 04.00 WIB dan turun pukul 10.00 WIB.

"Lumayan rasa capek di persendian berkurang," katanya kepada kompas.com.

Baca juga: Ijen Masuk Daftar UNESCO Global Geopark

Hal yang sama juga dirasakan Norman, rekannya. Meski hanya berendam kaki, dia juga merasakan berkurangnya rasa capek di persendian kaki usai pendakian.

"Panas airnya seperti langsung menetralkan capek di kaki," ujarnya.

Pemandian air panas Blawan buka mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. Harga tiket dipatok Rp 3.000 untuk wisatawan Nusantara dan Rp10.000 untuk wisatawan mancanegara.

Selain kolam air panas juga disediakan beberapa gazebo untuk bersantai, makanan, ruang ganti hingga toilet.

Tak hanya kolam pemandian air panas, di kawasan wisata alam Gunung Ijen juga terdapat spot wisata lainnya seperti Air Terjun Blawan, Kawah Wurung, dan Air Terjun Gentongan.

@kompastravel Nah itu dia dua cara buat kamu yang ingin mengenal Kota Malang lebih dekat lagi. Tinggal disesuaikan sama selera kamu saja ya.. Kalau Macito tidak dipungut biaya alias gratis. Kalau Majito range harganya sekitar Rp. 150.000- Rp. 195.000. Nah, kamu tim Macito atau Majito nih guys? #exploremalang #wisatamalang #malanghits #majito ? universe (sped up) - thuy

Ijen dinobatkan jadi UNESCO Global Geopark

Sebelumnya, Kawasan Wisata Gunung Ijen dinobatkan sebagai UNESCO Global Geopark (UGGp). Penetapan itu dilakukan dalam sidang tahunan di Markas UNESCO di Paris, Perancis, Rabu 24 Mei 2023.

Geopark Ijen menjadi bagian dari 195 situs UGG yang tersebar di 48 negara, bersama dengan 18 situs geologi lainnya di dunia yang baru ditetapkan pada tahun ini seperti adalah Caçapava (Brazil), Lavreotiki (Yunani), Aras (Iran), Hakusan Tedorigawa (Jepang) dan sejumlah situs dunia lainnya.

Baca juga: Itinerary Wisata 2 Hari di Banyuwangi, Kawah Ijen sampai Pulau Tabuhan

Dengan adanya pengakuan dari UNESCO, maka seluruh situs geologi, budaya dan hayati yang dimiliki Ijen akan dipromosikan langsung oleh UNESCO. Dengan begitu, Ijen UGGp akan semakin dikenal luas secara internasional dan meningkatkan kunjungan pariwisata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com