Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Wisata Kebugaran Akan Digelar di Jakarta September 2023

Kompas.com - 12/07/2023, 10:12 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Festival wisata kebugaran bertajuk Indonesia Wellness Tourism International Festival 2023 akan digelar pada 15-17 September 2023 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Ini adalah salah satu program yang menghadirkan beragam aktivitas menarik untuk memperkenalkan tren wisata kebugaran atau wellness tourism kepada masyarakat luas.

Baca juga: Fakta tentang Wisata Kebugaran, Apa Bedanya dengan Wisata Kesehatan?

Pihak Ethno Wellness Nusantara (ETNA) sebagai penyelenggara menargetkan sekitar 5.000 pengunjung dalam waktu tiga hari, dengan beragam karakteristik.

“Mahasiswi, profesional muda, pengelola dan pengusaha bidang kebugaran, makanan olahan organik dan herbal, penyuka dan pelaku kebugaran, serta penyuka dan pelanggan jasa/produk kebugaran dan herbal,” ujar Ketua Umum ETNA Tourism Tanri Abeng di Jakarta, Sabtu (8/7/2023).

Festival ini rencananya akan berisi beragam tenant dan kegiatan yang memperkenalkan segala hal berkaitan dengan wisata kebugaran.

Ini termasuk pameran jasa kebugaran, spa, wisata kebugaran, produk herbal lokal, pagelaran seni budaya, berbagai program kegiatan kolaboratif komunitas kebugaran berbasis budaya lokal betawi, urban dan nusantara, serta program talkshow dan workshop seputar kebugaran lokal nusantara.

Baca juga: Paket Wisata Kebugaran, Bisa Jalan-jalan Sambil Spa

Pengunjung nantinya akan bisa mengunjungi beberapa zona, seperti Zona Relaksasi, Zona Beauty & Intimate, Zona Healing & Meditation, Zona Holistik, dan Zona Komunitas.

Sementara talkshow yang digelar akan membahas seputar keunggulan rempah dan racikan herbal, mengikuti lomba, menikmati pagelaran, serta melihat demo seputar kesehatan.

Indonesia kembangkan wisata kebugaran

Adapun Indonesia kini berusaha lebih serius dalam mengembangkan wisata kebugaran karena memiliki potensi yang kaya, misalnya dengan banyaknya bahan-bahan herbal dan jamu.

Ilustrasi bahan herbal sebagai salah satu potensi wisata kebugaran Indonesia.UNSPLASH/KATHERINE HANLON Ilustrasi bahan herbal sebagai salah satu potensi wisata kebugaran Indonesia.

Dalam upaya mendorong peningkatan pengembangan wisata kebugaran (wellness tourism) di Indonesia, sejumlah cara dilakukan mulai dari kolaborasi hingga mengadakan festival.

Dari sisi kolaborasi, sekitar 31 asosiasi yang berhubungan dengan spa wellness atau kesehatan dan kebugaran etnik nusantara mendeklarasikan terbentuknya Board of ETNA Tourism di Jakarta, Sabtu (8/7/2023).

Baca juga: Kaya Jamu dan Herbal, Modal Indonesia Kembangkan Wisata Kebugaran

Salah satu tujuan organisasi non-pemerintah ini diharapkan bisa menempatkan wisata kebugaran Indonesia menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan Nusantara ataupun mancanegara.

“Nantinya bisa menjadikan Indonesia sebagai salah satu wellness destination of the world, serta bersaing dengan Ayurveda India atau kompetitor berat lainnya,” imbuh Tanri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com