Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Naik TransJakarta Rute Kalideres ke Bandara Soekarno-Hatta

Kompas.com - 15/07/2023, 19:07 WIB
Gading Perkasa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bus TransJakarta koridor SH1 rute Terminal Kalideres ke Bandara Soekarno-Hatta, telah resmi diuji coba sejak Rabu (5/7/2023).

Kompas.com sempat mencoba naik bus SH1 ini dari Terminal Kalideres, Jakarta pada Jumat (14/7/2023) pagi untuk tiba di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Karena masih dalam masa uji coba hingga 18 Juli 2023, penumpang tidak dikenakan biaya untuk layanan terbaru TransJakarta ini alias gratis.

Tips naik TransJakarta ke Bandara Soekarno-Hatta

Agar perjalanan ke Bandara Soekarno-Hatta menggunakan TransJakarta rute SH1 berjalan lancar, simak tips di bawah ini.

  • Jika naik dari Terminal Kalideres

Bagi yang menggunakan kendaraan umum, turun di depan pintu masuk terminal dan lanjut berjalan kaki sekitar 300 meter ke arah tenda khusus TransJakarta yang berada di bagian dalam.

Sejumlah calon penumpang bus antar kota antar provinsi tengah menunggu keberangkatan di Terminal Kalideres, Rabu (5/10/2022).Kompas.com/MITA AMALIA HAPSARI Sejumlah calon penumpang bus antar kota antar provinsi tengah menunggu keberangkatan di Terminal Kalideres, Rabu (5/10/2022).

Lalu, untuk pengendara sepeda motor, dapat memarkirkan kendaraannya di dekat pintu masuk Terminal Kalideres yang berjarak kira-kira 100 meter.

  • Jika naik dari Bandara Soekarno-Hatta

Untuk yang berasal dari terminal penumpang Bandara Soekarno-Hatta, dapat memilih naik shuttle bus, Big Bird, atau kereta layang (kalayang) menuju Stasiun Kereta Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Baca juga: TransJakarta ke Bandara Soekarno-Hatta Tidak Berhenti di Terminal Penumpang, Lanjut Naik Apa?

Setelah itu, keluar dan tunggu bus TransJakarta rute SH1 yang akan berhenti tepat di depan stasiun.

  • Datang lebih awal

Selama masa uji coba, bus ini beroperasi setiap hari mulai dari pukul 06.00-09.00 WIB dan 18.00-21.00 WIB (keberangkatan awal dan akhir dari kedua arah). Meski demikian, jam operasional tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.

Dalam akun Twitter resmi Transportasi Jakarta pada Jumat (14/7/2023) lalu, tertulis jika layanan terbaru menuju Bandara Soekarno-Hatta mengalami perubahan jadwal.

Juga, rute SH1 saat ini baru memiliki lima armada. Rentang waktu keberangkatan antara satu armada dengan armada lainnya lebih-kurang selama 20 menit.

Maka dari itu, datanglah lebih awal supaya tidak tertinggal atau tidak kebagian bus.

  • Jaga barang bawaan

Selama perjalanan, disarankan untuk menjaga barang bawaan, terutama jika kamu naik dari Terminal Kalideres.

Waspadai calo tiket bus liar yang berkeliaran di area terminal, dan orang mencurigakan lainnya.

  • Jangan lupa tap in dan tap out

Terakhir, jangan lupa menempelkan kartu pembayaran saat akan naik dan turun bus (tap in dan tap out).

Bus TransJakarta SH1 tujuan Terminal Kalideres- Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (14/7/2023)KOMPAS.com/GADING P Bus TransJakarta SH1 tujuan Terminal Kalideres- Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (14/7/2023)

Jika tidak, kartu pembayaran bisa terblokir dan penumpang harus mereset kartu pada alat tempel atau gate di halte TransJakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com