Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Wisata Luar Kota Dekat Jakarta, Bisa Naik KRL

Kompas.com - 22/07/2023, 06:34 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Jika mencari wisata luar kota dekat Jakarta, ada banyak tempat-tempat menarik untuk dijelajahi.

Kamu bisa memilih destinasi wisata alam yang menantang dan memacu adrenalin, wisata buatan dengan spot foto Instagramable, atau wisata kota yang relatif murah meriah.

Berikut Kompas.com rangkum sejumlah destinasi wisata luar kota dekat Jakarta yang dapat kamu kunjungi dan mudah diakses.

Baca juga: Naik Bus Wisata Gratis Monas-PIK, Bisa dari 2 Halte Ini

Beberapa di antaranya bahkan bisa dicapai menggunakan kereta rel listrik (KRL) dan kereta lokal yang ramah di kantong.

Wisata luar kota dekat Jakarta

1. Bogor

Kebun Raya Bogor.DOK. SHUTTERSTOCK Kebun Raya Bogor.

Bogor memiliki cukup banyak pilihan destinasi wisata yang dapat dipilih sesuai selera.

Jika bepergian naik KRL, kamu bisa menjelajahi destinasi di sekitar stasiun, seperti Kebun Raya Bogor atau kulineran di Jalan Suryakencana.

Mencari tempat wisata yang gratis dan cocok untuk nongkrong? Cobalah singgah di Alun-alun Kota Bogor yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki dari stasiun.

Baca juga: 34 Wisata Bogor yang Asri dan Instagramable, Pas buat Libur Panjang

Wisatawan yang ingin berkeliling Kota Bogor sambil menikmati angin sepoi-sepoi yang menerpa wajah juga bisa mencoba naik bus wisata Uncal.

2. Puncak

Sejumlah pengunjung menyaksikan seekor panda (Ailuropada melanoleuca) asal China yang diperlihatkan seusai proses karantina di Istana Panda Indonesia, Taman Safari Indonesia Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/11/2017). Sepasang panda, Cai Tao (jantan) dan Hu Chun (betina) yang berasal dari pengembangbiakan di China Wildlife Conservation Association (CWCA) akan diperkenalkan untuk publik pada November 2017 iniKOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Sejumlah pengunjung menyaksikan seekor panda (Ailuropada melanoleuca) asal China yang diperlihatkan seusai proses karantina di Istana Panda Indonesia, Taman Safari Indonesia Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/11/2017). Sepasang panda, Cai Tao (jantan) dan Hu Chun (betina) yang berasal dari pengembangbiakan di China Wildlife Conservation Association (CWCA) akan diperkenalkan untuk publik pada November 2017 ini

Jika mencari tempat wisata luar kota dekat Jakarta yang memberikan suasana berbeda, cobalah berkendara sedikit lebih jauh ke kawasan Puncak.

Hanya saja, karena banyak dituju wisatawan, kamu harus siap menghadapi lalu lintas Puncak yang ramai saat akhir pekan.

Baca juga: 10 Wisata Edukasi di Puncak yang Wajib Dikunjungi Saat Libur Sekolah 

Beberapa destinasi wisata populer di Puncak seperti Taman Safari Indonesia Bogor, Little Venice, Cimory Dairyland, dan Curug Leuwi Lieuk. Ada pula destinasi wisata baru Nicole's Park yang dapat disinggahi.

3. Kepulauan Seribu

Ilustrasi Kepulauan Seribu.Dok. Shutterstock/Muan Sibero Ilustrasi Kepulauan Seribu.

Penyuka wisata pantai bisa menjadikan Kepulauan Seribu sebagai destinasi wisata akhir pekan.

Ada banyak pulau yang dapat dijelajahi jika kamu menghabiskan waktu liburan di Kepulauan Seribu, antara lain Pulau Bidadari, Pulau Ayer, Pulau Macan, dan Pulau Tidung.

Baca juga: 10 Pulau di Kepulauan Seribu, Ada Akuarium Bawah Laut

Masing-masing pulau menyimpan pesona sendiri. Saat singgah di pulau, kamu bisa melakukan sejumlah aktivitas seperti snorkeling, diving, memancing, wisata sejarah, kulineran, atau sekadar bersantai di tepi pantai.

@kompastravel Engga usah pusing lagi kalau mau ke PIK naik transport umum. Tinggal naik Bus Wisata Transjakarta BW9 aja guys. Ini cara yang oke juga loh untuk memperkenalkan transportasi umum kepada si kecil. Apalagi ada lantai 2-nya. Bikin si kecil betah dengan pemandangan Ibu Kota Jakarta. Tonton videonya sampai akhir untuk panduan cara naik BW9, ya! Video/ Foto: Wasti Samaria Simangunsong #carakepik #pik #transjakarta #buswisata ? Positive Nanana - Balang_3go

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com