Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Taif, Kota Mawar yang Sering Disinggahi Saat Umrah

Kompas.com - 31/07/2023, 18:07 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Arab Saudi tidak hanya menjadi lokasi beribadah lantaran negara ini memiliki beragam tempat wisata yang terus dikembangkan.

Meski banyak pilihan wisata Arab Saudi, saat ini agen tur dan perjalanan dari Indonesia umumnya merangkaikan paket umrah dengan wisata city tour terdekat. Salah satu yang banyak ditawarkan adalah Kota Taif karena termasuk lengkap dan jaraknya dari Makkah tidak terlalu jauh.

Baca juga:

“Kalau wisata di dalam Arab Saudi kami biasanya menyelipkan city tour di hari-hari perjalanan umrah, bisa satu hari ke Taif,” kata Direktur PT Arminareka Perdana, perusahaan jasa perjalanan paket umrah dan haji plus, Riani Rilanda kepada Kompas.com di Jakarta, Jumat (21/7/2023). 

Ia melanjutkan, rangkaian umrah sudah cukup padat sehingga biasanya kota yang disinggahi rombongan untuk wisata di Arab Saudi adalah yang terdekat dan mudah dijangkau.

Menurut Divisi Haji dari biro perjalanan dan wisata Alfir Wisata Utama Tour & Travel bernama Sofyan, Taif bisa ditempuh dari Makkah selama kira-kira 1,5 jam.

“Taif itu jaraknya kira-kira kurang dari 90 km (kilometer) dari Makkah. Jadi kurang lebih 1,5 jam sudah bisa sampai,” tutur Sofyan.

Kota dengan pegunungan dan mawar

Ilustrasi orang-orang memetik bunga mawar di Taif, Arab Saudi.Dok. Shutterstock/Aljohara Jewel Ilustrasi orang-orang memetik bunga mawar di Taif, Arab Saudi.

Sofyan menjelaskan, sejarah Islam, wisata religi, wisata alam, dan wisata buatan tersedia di Taif. Wisatawan bisa menjumpai beragam tempat wisata, mulai dari museum, taman bermain, pasar, gunung, hingga kebun mawar.

Selain itu, ada beragam kegiatan petualangan dan wisata kebugaran. 

Kota ini juga merupakan rumah dari pegunungan, kebun bunga, dan pasar tradisional yang sudah ada sejak ratusan tahun lamanya.

"Kota Taif itu salah satu yang terkenal akan gunung, terletak di paling bawah," kata dia. 

Baca juga: Taif, Kota Mawar di Arab Saudi yang Mekar Saat Ramadhan Tahun Ini

Sebagai "kota mawar" lantaran sekitar 300 juta mawar mekar setiap tahunnya, kota ini memiliki lebih dari 800 perkebunan bunga dan banyak di antaranya telah dibuka untuk pengunjung, dilansir dari Kompas.com, Sabtu (17/4/2021). 

Selain karena tidak terlalu jauh untuk dikunjungi usai umrah, Kota Taif memiliki iklim sedang sehingga cukup pas dikunjungi kapan pun. 

"Memang di sana itu dataran tinggi pegunungan, jadi suasananya sejuk, tumbuh-tumbuhan juga banyak,” tutur Sofyan.

Baca juga: Satu Hari di Kota Taif Arab Saudi, Ini Pilihan Tempat Wisatanya

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com