Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersiaplah, Tarif JR Pass Jepang Bakal Naik Signifikan Oktober 2023

Kompas.com - 01/08/2023, 12:35 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Japan Railways (JR) Group akan menaikkan harga tiket kereta regional per 1 Oktober 2023.

Dikutip dari The Straits Times, pengumuman ini muncul setelah otoritas transportasi setempat mengumumkan pada April 2023 bahwa tiket nasional bakal naik lebih dari 60 persen pada Oktober 2023.

Baca juga: Ada JR Pass dan Air Pass di Jepang, Apa Bedanya?

Dalam situs resminya, JR Group mengatakan bahwa tarif HR Pass sudah tidak berubah selama beberapa dekade.

Untuk itu, kenaikan tarif dinilai perlu karena beberapa hal, termasuk penurunan nilai mata uang yen terhadap mata uang lainnya serta kenaikan biaya pemeliharaan dan operasional jaringan kereta api.

"The Japan Rail Pass, cara populer dan efisien untuk turis asing mengeksplorasi Jepang akan mengalami kenaikan harga signifikan mulai Oktober 2023," tulis JR Rail Pass melalui situs resminya, seperti dikutip Kompas.com, Selasa (1/8/2023).

Berdasarkan informasi dari situs resmi, persentase kenaikannya bisa berkisar antara 65-77 persen. Sementara menurut The Straits Times, tarif JR East dan JR Central yang meliputi area populer seperti Tokyo, Nagano, dan Tohoku menunjukkan persentase kenaikan terbesar.

Baca juga: Cara Mengajukan Bebas Visa Jepang 2023, Online dan Offline

JR East Tohoku, misalnya, yang meliputi area Kanto dan Tohoku akan naik dari 20.000 yen (sekitar Rp 2,1 juta) menjadi 30.000 yen (sekitar Rp  3,1 juta) atau 50 persennya.

Adapun bebas akses lima hari dapat digunakan turis untuk menaiki kereta JR, termasuk shinkansen bullet train dan bus JR.

Perluasan tiket terusan

Pihak JR Group mengatakan bahwa penyesuaian tarif juga dilakukan karena akan ada perluasan jalur yang bisa dinikmati pemegang tiket terusan dan akan diperkenalkan gerbang tiket otomatis.

JR Rail Pass.SITUS JR RAIL PASS. JR Rail Pass.

Hal ini juga akan meningkatkan jumlah kursi yang dialokasikan untuk beberapa kategori tiket.

Selain itu, otoritas transportasi menyebutkan akan ada fasilitas tambahan lainnya bagi pemegang tiket terusan, seperti diskon di toko-toko tertentu.

Baca juga: 4 Julukan Negara Jepang, Bukan Hanya Negeri Sakura 

Beli sebelum naik

Jika berencana mengunjungi Jepang dan ingin mendapatkan JR Pass dengan tarif lama.

JR Pass dapat diaktifkan selama tiga bulan setelah tanggal penerbitan, sehingga para calon turis bisa memesan tiket terusan hingga paling lambat 25 September 2023.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com