Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paspor Singapura Terkuat di Dunia 2023, Kalahkan Jepang

Kompas.com - 19/07/2023, 10:19 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya dalam lima tahun, Jepang turun dari posisi pertama daftar paspor terkuat di dunia. Negeri Sakura digeser oleh Singapura yang dinobatkan sebagai paspor terkuat di dunia pada 2023.

"Singapura resmi menjadi paspor terkuat di dunia, dengan warga negaranya bisa melakukan perjalanan ke 192 destinasi dari 227 destinasi di seluruh dunia dengan bebas visa," bunyi keterangan dari laporan Henley Passport Index, dikutip pada Rabu (19/7/2023).

Baca juga:

Adapun Jepang dan Korea Selatan berada di peringkat ketiga. Warga negaranya bisa mengunjungi 189 destinasi di seluruh dunia dengan bebas visa.

Jika dibandingkan dengan tahun 2022, Jepang berada di urutan pertama, sedangkan Korea Selatan berada di urutan kedua bersama Singapura.

Baca juga: Syarat Masuk Singapura 2023, Bebas Karantina dan Tes Covid-19

Sementara itu, selain Jepang dan Korea Selatan, sejumlah negara lainnya yang ada di posisi ketiga paspor terkuat di dunia 2023 adalah Perancis, Swedia, Finlandia, Austria, dan Luksemburg.

Di peringkat kedua tahun ini ada paspor dari Jerman, Italia, dan Spanyol.

Ilustrasi keramaian warga di Shibuya, Jepang. Jepang termasuk 10 negara maju di dunia. Daftar negara maju 2022 menurut Indeks Pembangunan Manusia atau Human Development Index (HDI) dari PBB belum keluar.PIXABAY/CEGOH Ilustrasi keramaian warga di Shibuya, Jepang. Jepang termasuk 10 negara maju di dunia. Daftar negara maju 2022 menurut Indeks Pembangunan Manusia atau Human Development Index (HDI) dari PBB belum keluar.

Menurut Chairman Henley & Partners, Christian H Kaelin, paspor yang kuat lebih dari sekadar dokumen perjalanan yang menunjukkan kebebasan bepergian. 

"Paspor yang kuat juga memberi kebebasan finansial yang signifikan terkait investasi internasional dan peluang bisnis," tutur Kaelin, dilansir dari keterangan resmi, Rabu (19/7/2023).

Sebagai informasi, Henley Passport Index diluncurkan oleh Henley & Partners, perusahaan konsultan imigrasi di London.

Baca juga:

Dilansir dari The Straits Times, Rabu (19/7/2023), Henley Passport Index berdasarkan data eksklusif dari Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA). Terdapat 199 paspor yang dinilai dalam laporan ini.

Pemeringkatan Henley Passport Index diperbarui setiap tiga bulan, serta dianggap sebagai alat referensi standar dalam menilai peringkat paspor terkait mobilitas global.

Baca juga: 10 Kota di Indonesia dengan Penerbangan Langsung ke Singapura

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com