Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taman Burung TMII Punya Wajah Baru, Catat Harga Tiket dan Jam Bukanya

Kompas.com - 13/08/2023, 17:21 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Taman Burung TMII (Taman Mini Indonesia Indah) atau Taman Burung Jagat Satwa Nusantara yang direvitalisasi setelah sekitar tiga bulan akan segera dibuka untuk umum bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia, yakni 17 Agustus 2023.

Dikutip dari Tribun Jakarta, taman dengan 218 spesies burung tersebut memiliki sejumlah koleksi burung endemik yang mengagumkan.

Tercatat ada 2.000 ekor burung di taman yang berdiri sejak 1975 ini, dengan 1.500 di antaranya tersebar di seluruh wahana dan 500 ekor lainnya ada dalam masa habituasi.

"Taman Burung akan menjadi destinasi yang menginspirasi, memberikan edukasi, dan pusat konservasi serta menjadi wadah untuk kepedulian terhadap satwa," ucap Direktur PT Dyandra Mitra Indah, Ery Erlangga, Sabtu (12/8/2023), seperti dikutip dari Tribun Jakarta.

Baca juga:

Setelah revitalisasi, taman burung TMII relatif lebih terawat dan memiliki koleksi burung yang lebih beragam, sehingga mendukung proses konservasi satwa dan edukasi bagi masyarakat.

Sebab, pengunjung yang datang berkesempatan melihat langsung spesies burung endemik, seperti Burung Elang Jawa, Burung Merak Hijau, dan Burung Undan Kacamata.

Di lokasi Taman Burung Jagat Satwa Nusantara, pengunjung akan bertemu dengan dua kubah yang masing-masingnya berisi spesies burung berdasarkan wilayah asal, yakni Wallacea dan Sahul untuk spesies burung dari wilayah Indonesia Timur dan Sunda Besar untuk spesies burung dari wilayah Indonesia Barat.

Ada pula Amphitheatre Maleo, tempat pengunjung bisa menyaksikan media edukasi Bird Show, serta Raptor Free Flight Experience bagi pengunjung yang ingin melihat Burung Elang lebih dekat.

Baca juga:

Ada sejumlah spot menarik di dalam taman burung yang juga dapat dimanfaatkan sebagai latar berfoto.

Selain Taman Burung Jagat Satwa Nusantara, dua wahana lain di TMII yang juga dikelola PT Dyandra Mitra Indah yakni Museum Fauna Komodo dan Taman Reptil, dan Dunia Air Tawar dan Serangga. 

Harga tiket dan jam buka Taman Burung TMII

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Taman Burung TMII, tiket masuknya dibanderol Rp 50.000 untuk hari kerja (Senin-Jumat) dan Rp 60.000 untuk akhir pekan (Sabtu, Minggu, dan libur nasional).

Sementara jam buka Taman Burung TMII buka pukul 09.00-17.00 WIB untuk Senin-Jumat, serta pukul 09.00-18.00 WIB untuk akhir pekan dan libur nasional.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com