Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serunya Rayakan HUT Ke-78 RI Bersama Satwa di Taman Safari Bogor

Kompas.com - 19/08/2023, 20:37 WIB
Afdhalul Ikhsan,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Ratusan peserta atau pengunjung Taman Safari Indonesia, Bogor, Jawa Barat, larut dalam kegembiraan saat mengikuti parade budaya dan satwa pada Sabtu (19/8/2023) dalam rangka memeriahkan HUT Ke-78 RI.

Mereka mengenakan berbagai kostum unik yang dihias sedemikian rupa sambil menampilkan beragam show merah putih.

Personel marching band tampil dan dikolaborasikan dengan sejumlah satwa. Para peserta juga terlihat mengenakan kostum karnaval hewan yang menggambarkan khas Taman Safari.

Baca juga: HUT Ke-78 RI, Royal Safari Garden di Bogor Gelar Lomba Unik Balap Lari Bareng Anjing dan Kakaktua

Parade satwa ditampilkan oleh penjaga sambil memberikan pengetahuan kepada anak-anak tentang satwa tersebut.

"(Perayaan Kemerdekaan) seru, lucu banget acaranya. Mereka kreatif," ujar wisatawan asal Jakarta bernama Santi (34) kepada Kompas.com di lokasi, Sabtu (19/8/2023).

Santi melanjutkan, ia datang bersama keluarga untuk merayakan parade budaya dan satwa sambil merayakan HUT Ke-78 RI.

"Saya dari pagi di sini dan pas karnavalnya lewat, seru parah. Ya sekalian rayakan dan liburan. Kebetulan juga sudah lama gak ke sini, kangen macet-macetannya juga," ucap Santi didampingi putrinya.

Kemeriahan HUT Ke-78 RI di Taman Safari Bogor

Sementara itu, General Manager (GM) Taman Safari Bogor Emeraldo Parengkuan mengatakan, pawai tersebut menampilkan pertunjukan kesenian dan marching band.

"Parade satwa ini dilaksanakan sebagai bentuk ucapan syukur dan sukacita bersama memperingati kemerdekaan Indonesia," kata Emeraldo.

Baca juga: 8 Tempat Bersejarah di Bogor untuk Merayakan 17 Agustus

Emeraldo mengatakan, parade budaya dan satwa dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Ke-78 RI yang akan berlangsung selama dua hari tanggal 19-20 Agustus 2023. 

Para pengunjung dapat menyaksikan parade satwa ini dengan berjejer di sepanjang rute, mulai dari area parkir A hingga area parkir F atau berjarak sekitar 1 kilometer (km).

Ratusan peserta atau pengunjung Taman Safari Indonesia, Bogor, Jawa Barat, larut dalam kegembiraan saat mengikuti parade budaya dan satwa untuk memeriahkan HUT ke-78 RI.KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Ratusan peserta atau pengunjung Taman Safari Indonesia, Bogor, Jawa Barat, larut dalam kegembiraan saat mengikuti parade budaya dan satwa untuk memeriahkan HUT ke-78 RI.

"Ajang ini merupakan yang pertama pascapandemi Covid-19 dan melibatkan penampilan dari 150 orang peserta dan 20 satwa TSI Bogor," ujarnya.

"Adapun satwa yang dilibatkan yaitu burung elang, anjing, unta, gajah, lama, ular, dan binturong," imbuhnya.

Emeraldo menambahkan, parade satwa ini juga merupakan bagian dari upaya mendekatkan pengunjung supaya bisa berinteraksi dengan satwa tanpa disekat kandang. Selain itu, hal ini juga ntuk menggugah kecintaan masyarakat terhadap satwa-satwa di TSI.

Baca juga: 8 Tempat Camping di Bogor dengan Pemandangan Hutan dan Gunung

"Sesuai arahan Presiden Joko Widodo Indonesia adalah negara yang kaya budaya, satwa dan keberagaman sehingga parade satwa ini bisa menambah sukacita dan kecintaan masyarakat Indonesia akan keanekaragaman satwa," terangnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com