Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara ke Bandara Kualanamu dari Medan, Bisa Naik Kereta 

Kompas.com - 22/08/2023, 11:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Bandara Internasional Kualanamu atau Bandara Kualanamu merupakan bandara yang berada di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Dari Kota Medan, jaraknya sekitar 40 kilometer (km) atau sekitar 1 jam berkendara.

Lantas, bagaimana cara ke BandaraKualanamu dari Kota Medan? Jangan khawatir, sebab tersedia sejumlah transportasi umum seperti kereta bandara, Damri, bus, dan taksi. 

Baca juga:

Bandara yang mulai beroperasi pada 25 Juli 2013 ini, menggantikan Bandara Internasional Polonia yang telah berusia lebih dari 85 tahun dan sudah melebihi kapasitas.

Dibangun di area seluas 1.650 hektar, Bandara Kualanamu menjadi bandara terbesar keempat di Indonesia, seperti dikutip dari Kompas.com (5/1/2022).

Bandara Kualanamu dikelola oleh PT Angkasa Pura Aviasi, sejak Kamis, (7/7/2022). Adapun PT Angkasa Pura Aviasi merupakan sebuah perusahaan joint venture antara PT Angkasa Pura II (Persero) dengan GMR Airports Consortium.

Transportasi ke Bandara Kualanamu

Berikut transportasi ke Bandara Kualanamu dari Kota Medan, dan sebaliknya seperti dihimpun Kompas.com

1. Kereta bandara 

Bandara Internasional Kualanamu Medan dilengkapi dengan layanan kereta bandara.Wikimedia Commons Bandara Internasional Kualanamu Medan dilengkapi dengan layanan kereta bandara.

Bandara Kualanamu merupakan salah satu dari enam bandara di Indonesia yang memiliki layanan kereta bandara. Kereta Bandara Kualanamu melayani rute dari Kota Medan menuju Bandara Kualanamu di Deli Serdang, dan sebaliknya.

Dalam perjalanan, kereta Bandara Kualanamu melalui tiga stasiun pemberhentian, yakni Stasiun Medan, Stasiun Khalipah, dan Stasiun Bandara Kualanamu.

Durasi perjalanan dari Medan menuju Bandara Kualanamu sekitar 38 menit menggunakan kereta bandara. Harga tiket Bandara Kualanamu berkisar dari Rp 10.000 hingga Rp 70.000 per orang bergantung pada rute perjalanan.

2. Damri 

Tersedia layanan Bus Damri bagi masyarakat yang hendak berangkat dari Medan menuju Bandara Kualanamu, dan sebaliknya. Ada tiga rute Damri yang tersedia, berdasarkan informasi dari website Kualanamu Airport.

Meliputi, Medan Amplas, Kota Medan ke Bandara Kualanamu, dan sebaliknya, harga tiket Rp 15.000 per orang.

Kemudian, Pool Damri Medan Fair Carrefour ke Bandara Kualanamu, dan sebaliknya, harga tiket Rp 20.000 per orang. Terakhir, Stabat, Medan ke ke Bandara Kualanamu, dan sebaliknya, harga tiket Rp 50.000 per orang.

Baca juga:

3. Bus 

Bus ALS turut membuka rute perjalanan dari Medan ke Bandara Kualanamu atau sebaliknya. Instagram/pt.antarlintassumatera Bus ALS turut membuka rute perjalanan dari Medan ke Bandara Kualanamu atau sebaliknya.

Selain Damri, tersedia bus antar kota yang menyediakan layanan ke Bandara Kualanamu. Berikut rinciannya berdasarkan informasi dari website Kualanamu Airport.

-Bus Almasar, dari Kabajahe ke Bandara Kualanamu, dan sebaliknya, harga tiket Rp 40.000

-Bus ALS, dari Binjai ke Bandara Kualanamu, dan sebaliknya, harga tiket Rp 40.000

-Bus ALS, dari Gagak Hitam ke Bandara Kualanamu, dan sebaliknya, harga tiket Rp 20.000

-Bus Nice Trans, dari Millenium ICT Center ke Bandara Kualanamu, dan sebaliknya, harga tiket Rp 20.000

-Bus Paradep, dari Tebing Tinggi, Pematang Siantar, Perbaungan, Sei Rampah, Kampung Pon, ke  Bandara Kualanamu, dan sebaliknya, harga tiket Rp 55.000.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com