Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KAI Segera Terapkan Kartu Multi Trip di Stasiun Kota Malang

Kompas.com - 24/08/2023, 21:35 WIB
Nugraha Perdana,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - KAI Commuter Indonesia akan menyasar penerapan penggunaan Kartu Multi Trip (KMT) di Stasiun Kota Malang, Jawa Timur (Jatim).

Nantinya, KMT bisa digunakan sebagai sarana pembayaran kereta api lokal di wilayah KAI Daop 8 Surabaya.

Baca juga:

"Penggunaan Kartu Multi Trip kami harapkan menjadikan penumpang nantinya lebih efisien, apalagi Kota Malang ini juga merupakan kota pendidikan. Tentu, ini menjadi target kami supaya pengguna kereta api lebih nyaman naik commuter," jelas VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba saat ditemui di Stasiun Kota Malang, Kamis (24/8/2023).

Akan diterapkan ke KA Dhoho Penataran

Rencananya, penerapan tiket berkartu ini akan dilakukan pada kereta lokal yakni Kereta Api (KA) Dhoho Penataran. Kereta ini menurutnya akan disesuaikan seperti kereta commuter.

"Sekarang masih menggunakan kereta ekonomi. Ada tempat duduk yang belum disesuaikan dengan kereta commuter. Ini akan kami sesuaikan, baru nanti implementasi e-ticketing-nya," ujar Anne.

Baca juga:

PT KAI Commuter Indonesia (KCI) merilis Kartu Multi Trip (KMT) edisi khusus HUT ke-78 RI.  KOMPAS.com/YOHANA ARTHA ULY PT KAI Commuter Indonesia (KCI) merilis Kartu Multi Trip (KMT) edisi khusus HUT ke-78 RI.

Pihak KAI Commuter Indonesia juga telah membuatkan desain khusus untuk KMT khusus di Jawa Timur. Penggunaan kartu ini bisa untuk Bus Trans Jatim dan nantinya juga kereta api lokal Jatim.

Kartu ini rencananya bisa dibeli di halte-halte Bus Trans Jatim atau stasiun-stasiun di wilayah KAI Daop 8 Surabaya.

Harga setiap KMT sekitar Rp 40.000, dan sudah termasuk saldo Rp 10.000. Nantinya kartu tersebut bisa di top up di halte atau stasiun lewat aplikasi.

Baca juga: 10 Wisata Gratis di Malang, Pelajar Bisa Berkunjung Saat Libur Sekolah

"Kami akan terus upayakan sampai nanti semua kereta lokal juga bisa menggunakan e-ticketing ini. Kartu ini sepeti e-money bank, bisa digunakan untuk commuter daerah-daerah, di Jogja-Solo, Jakarta dan Jatim. Di stasiun Jatim memang belum menggunakan kartu, tapi ini masih proses. Kami masih kaji terus," terang Anne.

Selain soal KMT, direncanakan juga penambahan kapasitas angkut kereta api lokal di wilayah KAI Daop 8 Surabaya.

Sebab, bukan tidak mungkin penambahan jumlah perjalanan kereta api akan dilakukan. Pihaknya juga tengah berkoordinasi dengan PJKA (Perusahaan Jawatan Kereta Api) untuk menerapkan hal tersebut.

Baca juga: 11 Wisata Edukasi di Kota Malang, Cocok buat Liburan Sekolah

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com