Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik Kayak Jadi Pilihan Wisata Minat Khusus Baru di Flores

Kompas.com - 01/09/2023, 18:10 WIB
Serafinus Sandi Hayon Jehadu,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

FLORES TIMUR, KOMPAS.com - Wisata kayak jadi salah satu pilihan aktivitas liburan bagi wisatawan di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Belum lama ini, enam orang dari tim Ekspedisi Kayak Laut Flores dari Wanadri Indonesia (Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung) mendayung kayak mengitari Pulau Flores dengan jarak tempuh 1.045 kilometer.

Baca juga:

Perjalanan mereka diawali dari ujung barat Pulau Flores di Labuan Bajo hingga ujung timur Pulau Flores di Larantuka.

Ketua Tim Ekspedisi Kayak, Yoppi Rikson menuturkan, Flores dipilih usai pihaknya melakukan survei pulau-pulau di Indonesia dengan panjang lintasan 1.000 kilometer.

"Salah satunya itu Flores. Kami juga memilih Flores untuk memperkuat promosi Flores sebagai salah satu tujuan wisata bahari unggulan di Indonesia," ujar Yoppi.

Wisatawan di hamparan pantai pasir putih Waecicu, Labuan Bajo sambil menikmati keindahan lautnya dengan berlabuh kapal-kapal wisata internasional, Rabu (30/8/2017).KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Wisatawan di hamparan pantai pasir putih Waecicu, Labuan Bajo sambil menikmati keindahan lautnya dengan berlabuh kapal-kapal wisata internasional, Rabu (30/8/2017).

Menurutnya, pesisir Laut Flores yang masih terjaga keasliannya membuatnya takjub. Ia berharap keaslian itu tetap terjaga guna menggaet wisatawan.

Salah satu lokasi yang disinggahi tim kayak adalah wilayah pesisir pantai Desa Waibao di  Kecamatan Tanjung Bunga, Kabupaten Flores Timur. Dari Selasa (29/8/2023) sampai Rabu (30/8/2023), mereka mengunjungi sejumlah tempat wisata di desa tersebut. 

Baca juga:

Kepala Desa Waibao, Hironimus Raga Aran menyampaikan rasa senangnya lantaran desanya termasuk salah satu daerah yang tiju.

"Yang pasti kita senang dan bangga. Harapannya tim kayak ini nantinya bisa mempromosikan keindahan laut Flores, termasuk Desa Waibao," ujar Heribertus saat dihubungi, Kamis (31/8/2023).

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com