Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Gunung Kepala Singa di Taiwan, Ketahui Sejarah dan Kuliner Hakka

Kompas.com - 08/09/2023, 13:35 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

Sumber Britannica

KOMPAS.com - Lion's Head Mountain atau Gunung Kepala Singa termasuk salah satu Tri-Mountain atau tiga gunung yang menjadi destinasi wisata di Taiwan.

Wilayah yang termasuk wisata Gunung Kepala Singa yakni Zhudong, Beipu, dan Emei di Hsinchu, serta Sanwan dan Nanzhuang di Miaoli.

Baca juga: Liburan ke Taiwan, Catat 4 Hal Penting Ini

Area Gunung Kepala Singa membentang seluas 24.221 hektar, dan terbagi menjadi dua area wisata yakni Shishan dan Nanzhuang.

Adapun gunung ini dinamakan "Kepala Singa" karena, jika dilihat dari sudut kanan, tampak seperti patung singa. Bagian yang mirip kepala singa terletak di Nanzhuang, sedangkan bagian yang mirip ekor singa terletak di Emei.

Lantas, jika berkunjung ke kawasan Gunung Kepala Singa, apa saja wisata yang bisa ditemui oleh wisatawan?

Baca juga:

Wisata sejarah dan alam

Nanzhuang YungChang Temple atau Kuil Nanzhuang Yungchang di Taiwan.Dok. Wikimedia Commons/Solomon203 Nanzhuang YungChang Temple atau Kuil Nanzhuang Yungchang di Taiwan.

Berdasarkan buku panduan wisata di Taiwan yang Kompas.com peroleh saat acara Kompas Travel Fair 2023, Minggu (3/9/2023), daerah Gunung Kepala Singa terkenal akan wisata sejarahnya.

Di area ini, wisatawan akan menemukan kuil dan artefak sejarah orang hakka. Sebagai informasi, dikutip dari Britannica, Jumat (8/9/2023), hakka adalah orang-orang dari Utara China yang bermigrasi ke Selatan China sekitar tahun 1270-an. 

Tidak hanya itu, area ini juga terkenal sebagai rumah bagi banyak biara dan peristirahatan Buddha. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya gua dan kuil yang sudah dibangun sejak masa pendudukan Jepang.

Baca juga:

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com