Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Padam, Kerusakan Akibat Kebakaran Bromo Capai 504 Hektar

Kompas.com - 15/09/2023, 19:06 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Kerusakan akibat kebakaran hutan dan lahan di kawasan Gunung Bromo, Jawa Timur diperkirakan mencapai 504 hektar.

Berdasarkan informasi Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS), total kerusakan akibat kebakaran adalah akumulasi beberapa kali kejadian kebakaran di kawasan tersebut.

"Untuk total luasan area terdampak kebakaran sekitar 504 hektar," kata Kepala Bagian Tata Usaha BB TNBTS Septi Eka Wardhani di Malang, Jumat (15/9/2023), seperti dikutip dari Antara.

Baca juga:

Kebakaran sudah padam

Kebakaran yang terjadi di kawasan Bromo saat ini sudah sepenuhnya padam. Kendati demikian, petugas gabungan masih melakukan pengawasan untuk memastikan tidak ada lagi api yang muncul.

Sebagai informasi, pada periode Agustus-September 2023 terjadi kebakaran hutan dan lahan di kawasan Gunung Bromo beberapa kali. Pada 29 Agustus 2023 pukul 23.30 WIB merupakan kali pertama kebakaran terjadi pada kawasan tersebut, tepatnya di wilayah Bantengan.

"Untuk saat ini sudah padam semua," tuturnya.

Baca juga: Wisata Gunung Bromo Ditutup, Seruni Point Bisa Jadi Alternatif

Dalam beberapa hari ke depan, pihak BB TNBTS juga akan melakukan evaluasi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk kembali membuka akses wisata ke taman nasional itu demi memastikan keamanannya.

Untuk diketahui, BB TNBTS telah beberapa kali menutup dan membuka akses wisatanya akibat kebakaran lahan.

Namun, pada 6 September pengelola menutup total seluruh akses wisata ke kawasan tersebut akibat kebakaran yang dipicu suar atau flare yang dinyalakan pengunjung.

Adapun kawasan Bromo adalah salah satu destinasi wisata unggulan di Jawa Timur, dengan angka kunjungan 318.919 wisatawan pada 2022.

Baca juga: Mengenang Indahnya Padang Sabana Bromo Sebelum Kebakaran

Dari total jumlah kunjungan wisatawan ke Bromo sepanjang 2022, Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) mencapai Rp11,65 miliar. Meningkat jika dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp 4,85 miliar.

@kompastravel Pengen trip ke Bromo tapi males ribet? Aku sempat nyobain trip yang disediakan sama hotel Atria Malang, nih. Ada dua opsi, paket Open Trip Rp. 1,5 juta/malam dan paket Private Trip Rp 2,5 juta/malam. Harga ini sudah termasuk kamar untuk kamu istirahat dan explore Bromo untuk dua orang loh.. Oiya, kalau kamu mau naik ke Kawah Gunung Bromo, ada dua cara. Bisa dengan jalan kaki atau naik kuda guys. Kalau berkuda, range harganya sekitar 250.000-300.000 (PP). Bisa juga kok kalau kalau kamu ke atasnya naik kuda, tapi turunnya jalan kaki. Jadi, bisa menyesuaikan kebutuhan.. Selamat menjelajahi Gunung Bromo! #bromomountain #bromotravel #wisatamalang #exploremalang #malanghits ? Paradise - TELL YOUR STORY music by Ikson™
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com