Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jip Wisata Jelajah Rawa Pening, Nikmati Sunset hingga Susur Sungai

Kompas.com - 23/09/2023, 19:02 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com - Danau Rawa Pening di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, memang spesial. Selain punya kisah Baru Klinting yang menceritakan legenda terbentuknya Rawa Pening, danau ini menyuguhkan keindahan panorama.

Ada beberapa tempat wisata yang menyuguhkan keindahan lanskap Danau Rawa Pening, seperti Bukit Cinta, Eling Bening, hingga naik KA Wisata dari Museum Ambarawa.

Kini, ada satu cara terbaru untuk menikmati keindahan pemandangan Danau Rawa Pening, yakni dengan naik jip wisata. Paket wisata jip wisata ini baru dibuka pada 1 Januari 2023.

Baca juga: Legenda Asal-usul Rawa Pening Semarang

Kompas.com, Jumat (22/9/2023) memberitakan bahwa paket jip wisata ini akan mengajak wisatawan menjelajah keindahan Danau Rawa Pening, menyaksikan sunset, hingga susur sungai dan jelajah perbukitan.

"Durasi perjalanan berkisar dari satu jam hingga tiga jam, tergantung rute yang dipilih," kata Ketua GG Jeep Adventure, Prasetyo Adi kepada Kompas.com, Kamis (21/9/2023).

Rute jip wisata di Rawa Pening

Adi melanjutkan, ada beberapa rute yang bisa dipilih, yakni short (pendek), medium (sedang), dan long trip (panjang), dan juga susur sungai.

Selain menyusuri kawasan Rawa Pening, wisatawan juga bisa menjelajah kawasan perbukitan di Sepakung, dan Gunung Gajah dengan panorama Gunung Merbabu dan Ungaran.

Sunset yang indah menjadi daya tarik yang ditawarkan paket wisata GG Jeep AdventureKOMPAS.com/Dian Ade Permana Sunset yang indah menjadi daya tarik yang ditawarkan paket wisata GG Jeep Adventure

Jika memilih paket susur sungai, jip akan turun ke Sungai Kaliparat dan melaju di aliran sungai yang cukup menantang. Wisatawan harus siap basah-basahan.

Menurut Adi, wisatawan paling banyak berkunjung pada akhir pekan, terutama sore hari untuk menyaksikan indahnya sunset di kawasan persawahan tepi Rawa Pening.

Baca juga: 9 Desa Wisata di Semarang, Ada Lokasi Rawa Pening

Apabila tertarik untuk menjajal serunya naik jip wisata di Danau Rawa Pening, salah satu basecamp jip yang bisa dikunjungi adalah di Kedai Seblak Jowo di Rowosari, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com