Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berburu Sunset di Rawa Pening Sembari Susur Sungai Naik Jip

Kompas.com - 22/09/2023, 18:33 WIB
Dian Ade Permana,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

UNGARAN, KOMPAS.com - Suasana sore dengan panorama matahari terbenam (sunset), hamparan sawah, danau, dan pegunungan jadi paket komplet saat berwisata alam. Apalagi bila dinikmati dari atas jip. 

Bila pengalaman itu yang dicari, salah satu base camp jip yang bisa dikunjungi adalah di Kedai Seblak Jowo di Rowosari, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. 

Baca juga:

Di base camp itu, terdapat 20 jip yang siap mengantar wisatawan sesuai tujuan. 

"Untuk rute atau tujuan, bisa menyesuaikan keinginan pengunjung. Bisa short (pendek), medium (sedang), atau long trip (panjang) dan juga susur sungai," jelas Ketua GG Jeep Adventure, Prasetyo Adi kepada Kompas.com, Kamis (21/9/2023).

Ia melanjutkan, durasi perjalanan berkisar dari satu jam hingga tiga jam, tergantung rute yang dipilih.

Baca juga: Kesongo Transit Point, Indahnya Rawa Pening dan Sejuknya 38.000 Tanaman

Wistawan bisa melihat dan mengenal pohon kayu putih serta menikmati pemandangan Kepil Rice Terrace, Lembah Ijo, dan Pereng Putih.

"Jika perjalanan dilanjutkan, sampai Gunung Gajah, Sepakung, Telomoyo, sembari melihat Gunung Ungaran dan Merbabu. Serta tentunya Rawa Pening," tambah Prasetyo.

Banyak yang tertarik lihat sunset

Sensasi susur sungai dengan naik jip memberi pengalaman berwisata yang penuh keseruanKOMPAS.com/Dian Ade Permana Sensasi susur sungai dengan naik jip memberi pengalaman berwisata yang penuh keseruan

Prasetyo menyampaikan, jip akan diturunkan di Sungai Kaliparat bila wisatawan memilih wisata susur sungai.

"Di sini bisa basah-basahan karena rutenya memang menantang, sampai batas destinasi mobil, pengunjung bisa berjalan kaki menikmati sungai yang airnya masih jernih," ujarnya.

Sejak membuka trip pada Minggu (1/1/2023), banyak pengunjung dari berbagai daerah yang telah mencoba paket wisata yang ditawarkan.

Baca juga:

"Terutama saat akhir pekan dan sore hari, pengunjung kebanyakan mengajak berhenti di area persawahan yang berbatasan dengan Rawa Pening untuk melihat matahari terbenam," katanya.

Setelah lelah menempuh perjalanan dengan jip, wisatawan bisa mengisi perut dengan hidangan lobster air tawar dan olahan hasil tangkapan laut lainnya di Kedai Seblak Jowo.

Salah satu menu yang bisa dipilih untuk sharing (berbagi) adalah paket komplet seafood seharga mulai Rp 150.000.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com