Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/07/2022, 16:04 WIB
Dian Ade Permana,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

UNGARAN, KOMPAS.com - Tempat wisata di seputaran Rawa Pening terus bertambah seiring menggeliatnya perekonomian pascapandemi Covid-19.

Di Desa Kesongo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang, telah dibuka Kesongo Transit Point.

Berbeda dengan wisata yang sudah ada, tempat ini memadukan kearifan lokal dengan kondisi kekinian untuk menggaet pengunjung.

Baca juga: Unik, Ada Lukisan Sawah Bung Karno di Bergas Lor Kabupaten Semarang

Dibuat dengan bahan utama 14 kontainer yang disusun menjadi tiga lantai, Kesongo Transit Point menawarkan pemandangan Rawa Pening dan lima gunung mulai dari Andong, Ungaran, Merbabu, Telomoyo, dan Gajah.

"Selain itu, banyak spot yang unik dan keren untuk memanjakan pengunjung," kata owner Kesongo Transit Point Retno Margiastuti kepada Kompas.com, Minggu (3/7/2022).

Keunikan Kesongo Transit Point

Keunikannya Kesongo Transit Point, di antaranya terdapat 38.000 tanaman Li Kuan Yu berjuntai hijau yang mengelilingi seluruh bangunan.

"Rawa Pening ini identik dengan kesejukan, sehingga dengan adanya Li Kuan Yu akan menambah suasana hijau yang ada," paparnya.

Baca juga: Sensasi Baru Wisata Bukit Cinta Rawa Pening, Keliling Naik Jet Ski

Dia menambahkan, design bangunan yang unik, dengan kontainer sebagai bahan utama juga menjadi ciri tersendiri.

Kesongo Transit Point menjadi tujuan destinasi wisata baru di Kabupaten SemarangKOMPAS.com/Dian Ade Permana Kesongo Transit Point menjadi tujuan destinasi wisata baru di Kabupaten Semarang

"Terbuat dari bekas kontainer dan disulap menjadi tempat nongkrong yang fun dan kekinian. Banyak spot menarik yang bagus dan bisa menjadi lokasi membuat konten para content creator," tutur Retno.

Ia melanjutkan bahwa dari bangunan paling atas, pengunjung bisa melihat langsung Rawa Pening dengan latar belakang lima gunung.

Baca juga: Rute ke Gunung Gajah Telomoyo, Salah Satu Spot Melihat Rawa Pening

"Apalagi Kesongo Transit Point berada tepat di jalur Semarang-Solo sehingga mudah dicapai," papar Retno.

Tempat makan dan carwash di Kesongo Transit Point

Kesongo Transit Point, lanjut Retno, juga berkomitmen memberi ruang kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Kesongo Transit Point menjadi tujuan wisata baru di seputaran Rawa Pening.KOMPAS.com/Dian Ade Permana Kesongo Transit Point menjadi tujuan wisata baru di seputaran Rawa Pening.

"Jadi selain ada resto dan coffee shop, juga ada food court khusus makanan tradisional, menu Nusantara dan restoran keluarga dengan menu masakan beragam, dari chinese food, western food, sampai arabian food," kata Retno.

Retno mengungkapkan, saat menikmati menu makanan, pengunjung sekaligus bisa mencucikan kendaraannya.

Baca juga: 11 Tempat Wisata di Semarang, Cocok buat Liburan Keluarga

"Carwash disini menggunakan sistem robotic yang modern, jadi kendaraan yang dipakai bisa lebih bersih dan terawat," ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang Heru Subroto mengungkapkan, adanya Kesongo Transit Point bisa menjadi alternatif kunjungan wisatawan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com