Kompas.com - 14/01/2022, 07:07 WIB

KOMPAS.com – Gunung Gajah Telomoyo adalah salah satu tempat wisata di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah yang bisa dikunjungi saat hari libur.

Gunung Gajah terpisah dari Gunung Telomoyo. Lokasinya tepatnya ada di sisi timur dari Gunung Telomoyo.

Salah satu keunggulan Gunung Gajah Telomoyo adalah Danau Rawa Pening yang terlihat jelas dari puncaknya.

Baca juga: Taman Langit Telomoyo, Spot Foto Baru Berlatar Lima Gunung

Dengan ketinggian sekitar 1.300 meter di atas permukaan laut (mdpl), Danau Rawa Pening tampak menawan karena lebih dekat.

Selain Danau Rawa Pening, Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang juga terlihat. Terlebih saat malam hari yang menyuguhkan cahaya lampu perkotaan dan permukiman.

Rute menuju Gunung Gajah Telomoyo

Lokasi Gunung Gajah Telomoyo tepatnya berada di Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Dari Kota Salatiga, jarak tempuhnya adalah kurang-lebih 15 kilometer (km) dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Jika memulai perjalanan dari Kota Salatiga, maka kamu perlu berkendara menuju Pasar Sapi dan terus ke arah selatan melalui Jalan Raya Salatiga-Kopeng.

Sesampainya di Jalan Lingkar Selatan Salatiga, lurus terus di perempatan. Namun, kamu tidak bisa langsung lurus, melainkan harus belok kiri menyusuri jalan lingkar itu kemudian putar balik lalu belok kiri kembali memasuki Jalan Raya Salatiga-Kopeng.

Baca juga: Berita Foto: Indahnya Gunung Telomoyo yang Berkalung Jalan Aspal

Lurus terus ikuti jalan utama sampai Kecamatan Getasan, tepatnya di Jalan Magelang-Salatiga. Setelah itu, tinggalkan jalan utama Magelang-Salatiga di sebuah pertigaan dan belok ke Jalan Banyubiru-Kopeng.

Lurus terus ikuti jalan utama sampai terdapat pertigaan dengan plang bertuliskan “Situs Prasasti Ngrawan” di kanan jalan. Belok kanan di pertigaan ini.

Rawa Pening dari Gunung Gajah Telomoyo.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Rawa Pening dari Gunung Gajah Telomoyo.

Terus mengikuti jalan itu, nantinya perjalanan akan sampai di area loket Gunung Gajah Telomoyo.

Pengunjung dengan sepeda motor bisa membawa kendaraannya ke puncak. Bagi yang naik mobil, kendaraannya bisa diparkir di area loket dan perjalanan menuju puncak dilanjutkan dengan naik ojek.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.