Kompas.com - Diperbarui 28/07/2021, 18:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com – Kabupaten Semarang, Jawa Tengah memiliki banyak destinasi wisata. Tak hanya menyuguhkan keindahan alam, beberapa obyek wisata ternyata memiliki kisah legendanya, salah satunya adalah Danau Rawa Pening.

Baca juga: Baca juga: 5 Lokasi Terbaik untuk Memandang Indahnya Danau Rawa Pening

Memiliki luas sekitar 2.670 hektar, Danau Rawa Pening berada di empat kecamatan Kabupaten Semarang, yakni Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru.

Rawa Pening biasanya dijumpai oleh mereka yang mengadakan perjalanan Solo-Semarang atau sebaliknya melalui jalan utama non-tol ketika sampai Kecamatan Tuntang.

Jika ingin menikmati keindahan Rawa Pening, biasanya pengunjung datang ke beberapa obyek wisata sekitar danau tersebut, salah satunya adalah Bukit Cinta. Obyek wisata ini berada di Kecamatan Banyubiru atau sebelah selatan Rawa Pening.

Selain Bukit Cinta, lokasi untuk melihat keindangan Rawa Pening bisa di Museum Kereta Api Ambarawa. Jika naik kereta wisata menuju Stasiun Tuntang, maka wisatawan bisa melihat keindagan danau ini. Kereta wisata akan melewati jalur yang berada di samping Rawa Pening.

Lokasi lainnya adalah Eling Bening di Kecamatan Bawen. Pengunjung bisa menikmati wahana outbound dengan latar belakang Rawa Pening.

Pilihan lokasi lainnya adalah Sumurup Rawapening dengan naik kereta wisata. Bisa juga di Saloka Theme Park dengan naik bianglala.

Replika Menara Eiffel dari Bambu di Radesa Wisata, Tuntang, Kabupaten SemarangKOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Replika Menara Eiffel dari Bambu di Radesa Wisata, Tuntang, Kabupaten Semarang

Salah satu yang terbaru adalah Radesa Wisata. Salah satu keunikan obyek wisata yang baru buka pada Juli 2020 tersebut adalah replika Menara Eiffel yang menjulang setinggi 38 meter di atas Rawa Pening.

Radesa Wisata berada di Dusun Klurahan, Desa Tuntang, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Baca juga: Radesa Wisata di Tuntang, Ada Menara Eiffel di Tengah Rawa Pening

Dalam masa pandemi covid-19, jangan lupa untuk mentaati aturan berkunjung, yaitu mengurangi mobilitas serta tidak berwisata saat PPKM masih berlaku. Selain itu jalankan protokol kesehatan yaitu menghindari kerumunan, memakasi masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Pastikan pula suhu badan tidak di atas 37,4 derajat celcius.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.