Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajah Baru Teras Cihampelas Bandung, Ada Spot Foto Baru

Kompas.com - 24/09/2023, 12:09 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Pelaksana Harian Wali Kota Bandung Ema Sumarna meresmikan wajah baru Teras Cihampelas di Bandung, Selasa (19/9/2023).

Kini, spot wisata yang terbentang di Jalan Cihampelas yang populer di kalangan turis ini memiliki empat trase tematik baru.

Keempatnya adalah zona fashion show, zona sirkuit remote control (RC), zona galeri sejarah, dan zona kelas luar (outdoor class).

"Setahap demi setahap, kolaborasi dari Pemkot Bandung bisa mengubah Teras Cihampelas menjadi lebih representatif," ujar Ema, Selasa, seperti dikutip dari situs Pemerintah Kota Bandung, Minggu (24/9/2023).

Baca juga: Skywalk Tahap 2 Diresmikan, Harapan Baru PKL Teras Cihampelas

Ia berharap tempat ini lebih hidup dan dapat dimanfaatkan sebagia tempat berniaga para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di sekitar Jalan Cihampelas.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung Didi Ruswandi menuturkan, Cihampelas punya sejarah yang begitu panjang dan memberi inspirasi.

Dengan fasilitas baru yang ada di skywalk sepanjang 250 meter ini, diharapkan masyarakat bisa lebih menikmatinya.

"Konsep area ini core and compliment. Jadi tempat ini ada untuk mengundang masyarakat berkumpul dan berkegiatan di sini. Mereka juga bisa menikmati kuliner di sini," ungkapnya.

Baca juga: Itinerary Seharian Keliling Bandung, Nongkrong di The Hallway Space

Didi menambahkan, Teras Cihampelas juga sudah dilengkapi sejumlah fasilitas, seperti empat titik jaringan internet nirkabel atau WiFi Diskominfo Kota Bandung yang bisa diakses oleh warga yang berkegiatan di sana.

Berdiri sejak 2017

Dikutip dari Kompas.com (19/9/2023), Teras Cihampelas dibangun sejak 2017 untuk merelokasi para pedagang kaki lima (PKL) yang memadati sepanjang Jalan Cihampelas.

Wajah baru Teras Cihampelas yang diresmikan oleh Pelaksana Harian Wali Kota Bandung, Ema Sumarna di Bandung, Selasa (19/9/2023).BANDUNG.GO.ID Wajah baru Teras Cihampelas yang diresmikan oleh Pelaksana Harian Wali Kota Bandung, Ema Sumarna di Bandung, Selasa (19/9/2023).

Sayangnya, fasilitas yang memakan biaya pembangunan sebesar Rp 48 miliar ini sempat hanya ramai di awal saja, meskipun saat itu sempat diproyeksikan sebagai destinasi wisata baru di Kota Kembang.

Teras Cihampelas pun perlahan ditinggalkan dan menjadi kumuh, sehingga berimbas pada pendapatan para PKL yang anjlok.

Baca juga: 7 Wisata di Punclut Bandung, Banyak Tempat Nongkrong Instagramable

Memasuki pandemi Covid-19, kondisi semakin suram dan ratusan kios ditinggalkan oleh para pedagang.

Pada 2018, pembangunan sempat diinisiasi namun proyek sempat dihentikan pada Maret 2019 lantaran kontraktor yang mengerjakan proyek tersebut tidak bisa menyelesaikan dan memenuhi target dari Pemkot Bandung.

Sempat mangkrak empat tahun, proyek ini pun diresmikan Selasa lalu.

Kini, sisi kiri dan kanannya sudah dihiasi dahan-dahan pohon yang rindang, serta dilengkapi beberapa spot baru.

Wajah baru Teras Cihampelas yang diresmikan oleh Pelaksana Harian Wali Kota Bandung, Ema Sumarna di Bandung, Selasa (19/9/2023).BANDUNG.GO.ID Wajah baru Teras Cihampelas yang diresmikan oleh Pelaksana Harian Wali Kota Bandung, Ema Sumarna di Bandung, Selasa (19/9/2023).

Pengunjung juga bisa berfoto dengan latar jalan layang Pasopati, yang menjadi ikon Kota Bandung.

Baca juga: 10 Wisata di Dago Bandung yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Sekolah 

Namun, di balik wajah baru Teras Cihampelas, terselip harapan dari para PKL agar tempat ini tidak kembali ramai di awal saja.

@kompastravel Hunting produk lokal di sini yuk guys! Beragam banget nih produknya.. Ada sepatu, aksesoris, baju, barang koleksi, dan masih banyak lagi! Kamu sudah ada yang pernah ke sini?? Share dong pengalaman kamu main ke sini.. #bandunghits #explorebandung #bandungpunyacerita #bandungaesthetic #bandunginfo ? original sound - Travel Kompascom
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com