Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stone Garden Bandung: Harga Tiket, Daya Tarik, dan Aktivitas 

Kompas.com - 10/09/2023, 23:30 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Stone Garden merupakan obyek wisata alam yang berada di kawasan karst Citatah di Kabupaten Bandung Barat. Obyek wisata ini sangat cocok dikunjungi wisatawan pencinta aktivitas outdoor yang menantang.

Sesuai namanya, Stone Garden adalah kawasan yang berisi batuan dengan formasi tidak beraturan sehingga tercipta taman batu yang indah, seperti dikutip dari laporan 6 Destinasi Wisata Petualangan Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kratif (Kemenparekraf).

Baca juga:

Lokasinya berada di Kampung Girimulya, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Selain berwisata, berkunjung ke Stone Garden dapat mengenalkan wisatawan sejarah geologi bumi dari batu-batu tanah Pasundan yang telah berusia ribuan bahkan jutaan tahun. 

Sebelum berkunjung, simak dulu informasi harga tiket, daya tarik, dan aktivitas wisata di Stone Garden berikut ini, berdasarkan informasi dari laporan 6 Destinasi Wisata Petualangan Indonesia Kemenparekraf dan Tourist Information Center.

Daya tarik Stone Garden Bandung 

Stone Garden merupakan obyek wisata alam yang berada di kawasan karst Citatah di Kabupaten Bandung BaratShutterstock/Wicianto Zen Stone Garden merupakan obyek wisata alam yang berada di kawasan karst Citatah di Kabupaten Bandung Barat

Seperti disampaikan sebelumnya, Stone Garden berada di kawasan karst Citatah, Kabupaten Bandung Barat. Kawasan ini terbentuk pada zaman Miosen, sekitar 20-30 juta tahun silam.

Jutaan tahun lalu dataran tinggi ini adalah kawasan laut dangkal yang kemudian mengering.

Stone Garden adalah kawasan yang berisi batuan dengan formasi tidak beraturan sehingga tercipta taman batu yang indah. Taman batu ini terletak di puncak Bukit Pasir Pawon dengan ketinggian 709 meter.

Perpaduan antara batu, bukit kapur berwarna putih, serta pepohonan dan ilalang hijau di Stone Garden menghasilkan panorama yang eksotis. Selain itu, kawasan Stone Garden juga dikelilingi oleh lembah-lembah dangkal.

Baca juga:

Terdapat Goa Pawon di kawasan Stone Garden yang merupakan salah satu dari lima situs manusia purba di Indonesia. Para arkeolog memperkirakan gua ini sudah dihuni sejak ribuan tahun lalu.

Di dalam Gua Pawon sendiri ditemukan fosil manusia purba ras Mongoloid yang berusia lebih dari 5.600 tahun. Selain fosil juga ditemukan peninggalan manusia prasejarah di taman batu yang luasnya mencapai dua hektare ini.

Stone Garden dilengkapi dengan fasilitas area parkir, toilet, mushola, warung, dan toko cinderamata.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com