Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penerbangan dari Bandung Pindah Sepenuhnya ke Kertajati mulai 29 Oktober

Kompas.com - 08/09/2023, 08:05 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Semua penerbangan komersial dari dan ke Bandara Husein Sastranegara Bandung dipindahkan ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, mulai 29 Oktober 2023.

Sementara itu, pesawat baling-baling masih diperbolehkan hingga sekitar satu tahun lagi. 

Saat ini, hanya ada satu pesawat baling-baling di Bandara Husein Sastranegara Bandung, yakni tujuan Bandara Adisucipto yang dioperasikan oleh Wings Air. 

Baca juga: Dari Bandung, Lebih Baik Terbang dari Bandara Kertajati atau Soekarno-Hatta?

"Kami telah koordinasi bersama Kementerian Perhubungan, bahwa per 29 Oktober 2023 semua penerbangan yang di Husein Sastranegara dipindahkan ke Kertajati, kecuali pesawat baling-baling," kata Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin seusai rapat pimpinan (rapim) dengan SKPD Jabar di Gedung Sate Bandung, Kamis (7/9/2023), seperti dikutip Antara

Pemindahan itu membuat target operasional bandara dapat melayani 32.000 penumpang dalam sepekan.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Muhammad Taufiq Budi Santoso menambahkan, pada 29 Oktober tersebut armada yang mengantar jemput penumpang dari Bandung menuju Kertajati dan sebaliknya juga telah disiapkan.

Baca juga:

Selain itu, juga akan dilakukan sejumlah perbaikan dan persiapan di bandara. 

"Jadi Kertajati harus siap layani penerbangan baik domestik maupun yang sekarang berjalan yang ke luar negeri per 29 Oktober," tuturnya.

Transportasi ke Bandara Kertajati

Dikutip dari Kompas.com (17/7/2023), ada beberapa pilihan moda transportasi yang dapat digunakan untuk menuju Bandara Kertajati dari Bandung, antara lain:

1. DAMRI

Berdasarkan informasi yang Kompas.com terima dari Manajer Usaha DAMRI Bandung Maralam, tarif DAMRI ke Bandara Kertajati dari Bandung mulai dari Rp 110.000 per orang.

DAMRI tujuan Bandara Kertajati dijadwalkan berangkat dari Terminal Cicaheum pukul 05.30 WIB sesuai dengan jadwal penerbangan di Bandara Kertajati.

Baca juga: Operasional Husein Sastranegara Akan Pindah ke Kertajati, Ketahui 6 Fakta Bandara Ini

2. Shuttle

Saat ini ada beberapa shuttle bus yang melayani penumpang ke bandara, di antaranya Arnes Citi Trans, Bhinneka Shuttle, Mekarsari Shuttle, dan BJT (Sobat Trans).

Adapun tarif naik shuttle ke Bandara Kertajati mulai dari Rp 100.000 per orang.

3. Taksi

Bila berangkat dari Bandung dengan mengambil titik penjemputan di Jalan Dipatiukur menuju Bandara Internasional Kertajati, tarifnya mulai Rp 544.000 hingga Rp 626.000.

Tarif bisa bervariasi tergantung kondisi lalu lintas, begitu juga kapasitas penumpang tergantung dari kendaraan yang ditumpangi. 

 Baca juga: Ke Bandara Internasional Kertajati dari Bandung, Bisa Naik Apa?

4. Kendaraan online

Merujuk beberapa aplikasi transportasi online yang Kompas.com telusuri, pelaku perjalanan yang hendak naik transportasi online ke Bandara Internasional Kertajati dan mengambil titik penjemputan di daerah Pasteur, tarif yang harus dikeluarkan sekitar Rp 483.000.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com