Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara ke Bandara SMB II Palembang, Bisa Naik LRT 

Kompas.com - 26/08/2023, 19:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II merupakan bandara yang berada di Provinsi Sumatera Selatan. Lokasinya berada di Jl. Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Talang Betutu, Kecamatan Sukarami, Kota Palembang.

Bandara ini berjarak sekitar 17 kilometer (km) atau 40 menit dari pusat Kota Palembang. Ada sejumlah transportasi yang dapat mengantarkan penumpang dari dan ke Bandara SMB II Palembang. 

Baca juga:

Nama bandara ini diambil dari nama Sultan Mahmud Badaruddin II, seorang pahlawan nasional asal Palembang yang melawan VOC Belanda, berdasarkan informasi dari website Angkasa Pura II. Sultan Mahmud Badaruddin II pernah memimpin Kesultanan Palembang Darussalam periode 1803-1819.

Saat Provinsi Sumatera Selatan terpilih sebagai tuan rumah PON XVI di 2004, pemerintah memperbesar kapasitas bandara sekaligus mengubah statusnya menjadi bandara internasional. Gedung terminal baru Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II akhirnya berhasil rampung dan diresmikan pada 1 Januari 1990.

Pada 1 Januari 1970, bandara SMB II Palembang resmi menjadi bandara internasional, sehingga bisa didarati oleh pesawat berbadan besar seperti Airbus A330, Boeing 747, Boeing 777, dan sejenisnya.

Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II merupakan bandara yang berada di Palembang, Provinsi Sumatera Selatan.Shutterstock/Hit1912 Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II merupakan bandara yang berada di Palembang, Provinsi Sumatera Selatan.

Cara ke Bandara SMB II Palembang 

Kompas.com merangkum sejumlah transportasi ke Bandara SMB II Palembang, sebagai berikut.

1. Trans Musi 

Masyarakat dapat memanfaatkan transportasi umum Trans Musi untuk menuju Bandara SMB II Palembang, dan sebaliknya.

Berdasarkan informasi dari akun Instagram @palembangairport, Trans Musi koridor 5 melayani rute Bandara SMB II menuju Terminal Alang-alang Lebar. Dalam perjalanannya, Trans Musi koridor 5 melalui sejumlah pemberhentian, meliputi Halte PDK, Halte Kerajinan Karet, Simp. Griya Hero Abadi, Asrama Haji, dan Halte PDAM Jalan Soekarno-Hatta.

Kemudian berlanjut ke Halte Kantor Camat  Alang-alang Lebar, Halte Perumnas Talang Kelapaa, Halte Citra Grand, Halte RS. Ernaldi Bahar, dan Terminal Alang-alang Lebar.

Trans Musi Koridor 5 beroperasi setiap hari, mulai dari pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Waktu tempuh dari Terminal Alang-alan lebar ke Bandara SMB II Palembang sekitar 35 menit.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com