Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Perbedaan Bandara Suvarnabhumi dan Don Mueang Thailand

Kompas.com - 21/08/2023, 15:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Thailand memiliki beberapa bandar udara (bandara) yang menjadi pintu masuk wisatawan, termasuk Bandara Internasional Suvarnabhumi dan Bandara Internasional Don Mueang. Meskipun berada di negara yang sama, namun keduanya berjarak sekitar 50 kilometer (km) atau sekitar 45 menit berkendara.

Baca juga:

Wisatawan yang hendak berkunjung ke Negeri Gajah Putih hendaknya mengetahui perbedaan antara Bandara Suvarnabhumi dan Bandara Don Mueang. Dengan demikian, wisatawan bisa memilih bandara yang sesuai dengan penerbangan dan destinasi wisata yang hendak dituju.

Bandara Don Mueang Bangkok, ThailandShutterstock/Hutpaza Bandara Don Mueang Bangkok, Thailand

Kompas.com merangkum perbedaan Bandara Suvarnabhumi dan Bandara Don Mueang, sebagai berikut.

1. Lokasi 

Bandara Suvarnabhumi berjarak sekitar 34 kilometer (km) atau sekitar 40 menit dari Bangkok. Bandara ini berada di sebelah timur Bangkok, tepatnya di Nong Prue, Distrik Bang Phli, Chang Wat, Samut Prakan.

Sedangkan, Bandara Don Mueang lebih dekat dari Bangkok, yakni sekitar 26 km atau 30 menit. Berada di utara Bangkok, Bandara Don Mueang beralamat di Vibhavadi Rangsit, Khwaeng Sanambin, Khet Don Mueang, Bangkok.

2. Transportasi 

Kedua bandara tersebut menyediakan transportasi publik bagi wisatawan ke Bangkok, dan sebaliknya.

Meskipun lokasi Bandara Suvarnabhumi lebih jauh dari Bangkok, namun bandara utama Thailand ini lebih mudah terhubung ke kota dengan transportasi umum, berdasarkan informasi dari Thai Est.

Wisatawan dapat menggunakan kereta yang disebut sebagai Airport Rail Link, dari Bandara Suvarnabhumi menuju Bangkok, dan sebaliknya. Durasi perjalanan dari Bandara Suvarnabhumi ke Bangkok naik Airport Rail Link sekitar 30 menit.

Saat menggunakan Airport Rail Link, wisatawan juga dapat dengan mudah terhubung ke sistem kereta Bangkok lainnya, seperti BTS SkyTrain dan MRT.

Sementara, wisatawan dari Bandara Don Mueang ke Bangkok dapat menggunakan transportasi Super Rapid Train (SRT). Namun, jalur SRT yang menghubungkan Bandara Don Mueang ke Bangkok berakhir di bagian utara Bangkok.

Jadi, wisatawan yang hendak ke pusat kota harus berpindah ke MRT, sehingga cukup memakan waktu. Alternatif transportasi lainnya adalah naik bus antar jemput dari Bandara Don Mueang ke Bangkok, sehingga wisatawan tidak perlu berpindah kereta.

Baca juga:

3. Kode bandara 

Kode bandara sangat penting untuk diketahui sebelum wisatawan membeli tiket pesawat. Kode IATA Bandara Suvarnabhumi adalah BKK, sementara Bandara Don Mueang memiliki kode DMK.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com