Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Jenderal Sudirman di Purbalingga Buka Trip Umrah ke Tanah Suci, Hemat 1 Hari

Kompas.com - 26/08/2023, 18:06 WIB
Iqbal Fahmi,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

PURBALINGGA, KOMPAS.com - Sebanyak 48 jemaah umrah melakukan penerbangan menuju Tanah Suci dari Bandara Jenderal Besar Sudirman (JBS), Purbalingga, Jawa Tengah, Sabtu (26/8/2023).

Penerbangan ini menjadi yang perdana bagi JBS sebagai feeder umrah sejak dibuka untuk komersil pada 2021.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan, dengan penerbangan ini, para jemaah umrah dari sekitar Bandara JBS akan lebih hemat biaya dan waktu.

Baca juga: Bandara Jenderal Besar Soedirman Purbalingga Kembali Layani Penerbangan Komersial

"Perjalanan umrah dari Bandara JB Soedirman akan banyak manfaatnya. Selain menghemat waktu, juga menghemat tenaga kita dan kita akan berangkat di hari yang sama tanpa harus transit dan sebagainya," kata Dyah.

Rute yang akan dilalui para jemaah yakni, dari Bandara JBS Purbalingga akan terbang ke Halim Perdanakusuma. Dari Halim, jemaah akan dibawa menggunakan shuttle bus ke Bandara Soekarno Hatta dan lansung terbang ke Tanah Suci pada hari yang sama.

Dyah mengungkapkan, penerbangan umrah dari Bandara JBS Purbalingga akan terus dilaksanakan setiap bulannya. Untuk itu, pihaknya terus melakukan sosialisasi dan promosi untuk menarik minat masyarakat.

"Mudah-mudahan feeder umrah ini sebagai salah satu cara mengoptimalkan operasional bandara agar berjalan dengan baik, sukses, dan lancar," ujarnya.

Adapun Direktur Angkutan Udara Kementerian Perhubungan, Putu Eka Cahyadi menuturkan, potensi jamaah umrah di Banyumas Raya sangat besar dan menjadi segmentasi yang layak digarap serius.

Baca juga: Rute Menuju Monumen Tempat Lahir Jenderal Sudirman di Purbalingga

Untuk itu, Kemenhub terus mendorong maskapai lain agar dapat mengikuti jejak Citilink untuk beroperasi di Bandara JBS Purbalingga.

"Kolaborasi perlu berjalan, hari ini bisa kita laksanakan penerbangan feeder umrah perdana dari Bandara JB Sudirman menuju Halim Perdana Kusuma dan langsung ke Jeddah," kata Putu.

Promo umrah di Bandara Jenderal Sudirman Purbalingga

Para agen perjalanan juga sudah menyiapkan promo menarik bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ingin melakukan ibadah umrah melalui Bandara JBS.

Promo tersebut antara lain harga khusus bulan Agustus hanya Rp 33 juta. Dengan harga miring itu, jemaah sudah menikmati fasilitas hotel bintang lima di Makkah Hotel Anjum dan Madinah Hotel Taiba Front. Semua hotel itu berada langsung di pelataran Masjid Al Haram dan Masjid Nabawi.

Presiden Joko Widodo meninjau lokasi Bandara Jenderal Besar Soedirman, Purbalingga, Jawa Tengah, Jumat (11/6/2021).KOMPAS.COM/Dok Humas Pemprov Jateng Presiden Joko Widodo meninjau lokasi Bandara Jenderal Besar Soedirman, Purbalingga, Jawa Tengah, Jumat (11/6/2021).

Selain itu, Bank Jateng juga mempunyai program kredit umroh bagi ASN Kabupaten Purbalingga dengan suku bunga murah (0,9 persen) dan bebas biaya administrasi provisi (0,24 persen).

“Khusus untuk ASN, Perangkat Desa, PPPK, kami siap dengan bunga murah, angsuran sesuai dengan jangka waktu yang diinginkan, prosesnya cepat," kata Wakil Pimpinan Cabang Bank Jateng Cabang Purbalingga, Jusuf Budiman.

Baca juga: Tempat Kelahiran Jenderal Sudirman, Ternyata Ada di Purbalingga

Apabila membutuhkan pembiayaan, pihaknya siap memberi dengan proses yang lebih cepat dan angsuran yang lebih murah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com