Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda Indonesia Layani Penerbangan Umrah dari Yogyakarta ke Jeddah PP

Kompas.com - 12/08/2023, 22:05 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Garuda Indonesia melayani penerbangan umrah langsung dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ke Jeddah, Arab Saudi, pergi-pulang (PP) mulai Sabtu (12/8/2023).

Penerbangan ke Tanah Suci ini menghubungan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo dengan Bandara Internasional King Abdulaziz di Jeddah.

Baca juga:

"Pengoperasian rute penerbangan Yogyakarta-Jeddah ini merupakan salah satu bentuk langkah perusahaan untuk terus menjawab kebutuhan masyarakat untuk dapat melakukan perjalanan ibadah ke Tanah Suci secara aman dan nyaman tanpa melalui transit ke kota atau negara lain," terang Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, lewat keterangan resmi, Sabtu (12/8/2023).

Pada penerbangan perdana Yogyakarta-Jeddah ini, maskapai penerbangan tersebut mengangkut 215 calon jemaah. 

Tidak hanya itu, dengan adanya penerbangan rute ini, Garuda Indonesia mengklaim sebagai satu-satunya maskapai penerbangan yang terbang langsung dari Yogyakarta dan Jawa Tengah ke Tanah Suci.

Baca juga:

Jadwal Garuda Indonesia YIA-Jeddah

Calon jemaah yang akan naik penerbangan umrah Garuda Indonesia dari Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) ke Bandara Internasional King Abdulaziz di Jeddah, Arab Saudi, Sabtu (12/8/2023).Dok. Garuda Indonesia Calon jemaah yang akan naik penerbangan umrah Garuda Indonesia dari Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) ke Bandara Internasional King Abdulaziz di Jeddah, Arab Saudi, Sabtu (12/8/2023).

Untuk rute YIA-Jeddah PP, Garuda Indonesia menggunakan armada A330-300 dengan frekuensi satu kali per minggu yakni setiap hari Sabtu. Berikut jadwalnya:

  • Pesawat bernomor penerbangan GA-942 terbang dari Yogyakarta pukul 11.05 WIB, lalu dijadwalkan tiba di Jeddah pukul 17.25 waktu setempat.
  • Pesawat bernomor penerbangan GA-943 terbang dari Jeddah pukul 19.25 waktu setempat, lalu dijadwalkan tiba di Yogyakarta pukul 10.25 WIB keesokan harinya.

Irfan melanjutkan, penerbangan langsung ke Tanah Suci dari Yogyakarta ini merupakan salah satu strategi pengembangan jaringan yang dilaksanakan Garuda Indonesia, khususnya dalam mengoptimalkan pangsa pasar umrah.

Sebagai informasi, periode Agustus 2023-September 2023, maskapai penerbangan ini membuka rute penerbangan umrah secara bertahap dari lima kota besar yakni Banda Aceh, Yogyakarta, Makassar, Surabaya, dan Kertajati (Majalengka).

Ada pula penambahan frekuensi penerbangan dari Jakarta menuju Jeddah dan Madinah.

Baca juga: Garuda Indonesia Buka Layanan Spa di Terminal 3 Soekarno-Hatta

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com