Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda Indonesia Buka Penerbangan Umrah dari Makassar

Kompas.com - 08/08/2023, 17:31 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Garuda Indonesia telah membuka rute penerbangan langsung pergi-pulang (PP) dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, menuju Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah.

"Pengoperasian rute penerbangan langsung Makassar – Jeddah ini merupakan upaya kami untuk mengoptimalkan pangsa pasar umrah, mengingat Indonesia sebagai salah satu negara dengan jumlah umat muslim terbesar di dunia."

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Selasa (8/8/2023).

Baca juga: Garuda Indonesia Buka Penerbangan Umrah dari Bandara Kertajati

Irfan melanjutkan, hadirnya penerbangan langsung dari Makassar menuju Jeddah ini tidak hanya dapat memudahkan akses menuju Tanah Suci bagi masyarakat Makassar dan sekitarnya.

Akan tetapi juga diharapkan dapat mendorong penguatan ekosistem industri Umrah di Sulawesi Selatan. Serta dapat memberikan kontribusi positif bagi perekonomian Sulawesi Selatan.

Penerbangan rute ini akan beroperasi dua kali seminggu, yakni setiap hari Selasa dan Sabtu. Dioperasikan menggunakan armada Airbus 330-300, dengan jumlah penumpang pada penerbangan perdana paling sedikit 225 calon jemaah.

Jadwal penerbangan umrah Garuda Indonesia Makassar - Jeddah PP

Berikut jadwal penerbangan umrah Garuda Indonesia dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin ke Jeddah PP:

- Pesawat bernomor penerbangan GA 930 terbang dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar pukul 06.05 WITA, dan dijadwalkan tiba di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah pukul 14.25 waktu setempat.

Baca juga: Perkuat Jaringan Penerbangan, Garuda Indonesia Tambah 2 Pesawat pada Agustus 2023

- Pesawat bernomor penerbangan GA 931 terbang dari Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah pukul 16.30 waktu setempat, dan dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar pukul 11.30 WITA.

Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar berhasil memenangkan penghargaan Best Airport di kawasan Asia Pasifik versi ASQ Awards 2021. SHUTTERSTOCK/M RINANDAR TASYA Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar berhasil memenangkan penghargaan Best Airport di kawasan Asia Pasifik versi ASQ Awards 2021.

"Dengan potensi pasar hingga 180.000 calon jemaah setiap tahunnya, penerbangan langsung ke Tanah Suci dari Makassar ini diharapkan akan dapat mengoptimalkan peluang market umrah di Sulawesi Selatan," kata dia.

Irfan melanjutkan, pengoperasian penerbangan langsung ini juga merupakan wujud komitmen Garuda Indonesia menghadirkan konektivitas udara untuk melaksanakan perjalanan ibadah yang aman, nyaman, dan waktu yang efisien.

Khususnya efisiensi waktu bagi masyarakat Makassar dan sekitarnya yang tidak perlu transit di Jakarta atau di kota besar lainnya.

Baca juga: Garuda Indonesia Tambah Rute Umrah ke Arab Saudi dari 5 Kota, Ada Banda Aceh

"Garuda Indonesia secara bertahap terus memaksimalkan penerbangan umrah salah satunya dengan mengoperasikan penerbangan langsung Umrah dari lima kota besar di Indonesia," kata Irfan.

Di antaranya yaitu dari Banda Aceh, Yogyakarta, Makassar, Surabaya, dan Kertajati sekaligus menambah frekuensi penerbangan ke Tanah Suci dari Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com