Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tempat Wisata di Lembah Harau, Ada Air Terjun dan Tebing

Kompas.com - 30/09/2023, 11:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Lembah Harau merupakan salah satu wisata alam di Sumatera Barat yang menyimpan banyak pesona. Obyek wisata ini menyajikan pemandangan sawah dan pepohonan hijau luas yang dikelilingi tebing tinggi.

Baca juga:

Lembah Harau merupakan sebuah ngarai yang berada di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Untuk mencapai kawasan ini, wisatawan harus menempuh perjalanan sejauh 137 kilometer (km) dari pusat Kota Padang atau sekitar 4 jam berkendara.

Lamanya perjalanan tersebut akan terbayar lunas dengan pesona alam Lembah Harau.

Tempat wisata di Lembah Harau

Kompas.com merangkum sejumlah tempat wisata di Lembah Harau sebagai berikut:

1. Air terjun Sarasah Bunta 

Air Terjun Sarasa Bunta di Lembah Harau, Sumatera Barat.KOMPAS.COM/GARRY ANDREW LOTULUNG Air Terjun Sarasa Bunta di Lembah Harau, Sumatera Barat.

Air terjun Sarasah Bunta merupakan salah satu wisata populer di Lembah Harau. Air terjun ini pertama kali dibuka sebagai destinasi wisata publik pada 14 Agustus 1926 oleh pemerintah Hindia Belanda.

Daya tarik air terjun ini adalah aliran air yang jatuh pada tebing bebatuan dengan ketinggian 150 hingga 200 meter. Pada bagian bawah air terjun, terdapat kolam dengan bebatuan berundak-undak.

Kawasan air terjun Sarasah Bunta ini dikelilingi pepohonan tinggi sehingga memberikan suasana asri dan sejuk. Wisatawan bisa bermain air di kolam dengan tetap berhati-hati.

2. Air terjun Sarasah Murai

Air terjun Sarasah Murai di Lembah Harau, Sumatera BaratShutterstock/TWIN CHAN Air terjun Sarasah Murai di Lembah Harau, Sumatera Barat

Air terjun Sarasah Murai memiliki ketinggian sekitar 10 hingga 15 meter. Aliran air terjun mengalir ke tebing yang berundak.

Konon, nama Sarasah Murai diambil dari keberadaan burung murai yang mandi di kawasan air terjun ini sembari memadu kasih. Oleh sebab itu, masyarakat sekitar percaya bahwa orang yang mandi di kolam air terjun ini lekas mendapat jodoh.

Air terjun Sarasah Murai bisa dicapai dalam 10 menit dari Gerbang Lembah Harau.  Sepanjang perjalanan, wisatawan bakal disuguhi pemandangan tebing-tebing batu Lembah Harau yang menakjubkan.

Baca juga:

3. Air terjun Sarasah Aie Angek

Air terjun Sarasah Aie Angek merupakan salah satu obyek wisata populer di Lembah Harau. Daya tarik air terjun ini adalah aliran air yang cukup deras lantaran cukup.

Namun, untuk mencapai lokasi air terjun, wisatawan lebih dulu harus menjelajahi jalan setapak dan melintasi sungai. Sebab, lokasi air terjun berada di balik hutan.

Perjalanan yang melelahkan tersebut akan terbayar lunas dengan panorama air terjun Sarasah Aie Angek yang menawan. Sekeliling air terjun ini dikelilingi pepohonan hijau sehingga menambah pesonanya.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas.com (@kompascom)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com