Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Fakta Lembah Harau Sumatera Barat, Ada Batuan Berusia 40 Juta Tahun 

Kompas.com - 22/05/2023, 13:50 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Provinsi Sumatera Barat menyimpan banyak pesona alam, mulai dari perbukitan, gunung, air terjun, ngarai, pantai, danau, dan sawah. Salah satu destinasi wisata populer di Tanah Minang adalah Lembah Harau.

Baca juga:

Lembah Harau merupakan sebuah ngarai yang berada di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Destinasi wisata alam ini menyajikan pemandangan sawah dan pepohonan hijau luas yang dikelilingi tebing tinggi.

Untuk mencapai kawasan ini, wisatawan harus menempuh perjalanan sejauh 137 kilometer (km) dari pusat Kota Padang atau sekitar 4 jam berkendara. Lamanya perjalanan tersebut akan terbayar lunas dengan pesona Lembah Harau.

Fakta Lembah Harau 

Selain menawarkan pemandangan yang indah, ada sejumlah fakta menarik mengenai Lembah Harau. Berikut fakta-fakta Lembah Harau seperti dihimpun Kompas.com.

1. Salah satu lembah terindah di Indonesia 

Pesona Lembah Harau menjadikannya salah satu lembah terindah di Indonesia. Memasuki kawasan Lembah Harau, wisatawan akan disajikan dengan hamparan sawah dan pepohonan hijau yang diapit tebing-tebing tinggi.

Pada pagi hari, Lembah Harau dikelilingi kabut sehingga semakin menambah daya tariknya. Ditambah lagi, ada tujuh air terjun menawan yang melengkapi pesona Lembah Harau.

Setiap wisatawan yang berkunjung ke Lembah Harau, pasti akan terhipnotis dengan keindahannya.

2. Dikelilingi tebing setinggi 200 meter

Lembah Harau di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera BaratWikimedia Commons Lembah Harau di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat

Terhampar seluas 270,5 hektar, Lembah Harau dikelilingi tebing tinggi menjulang yang berupa batu granit.

Ketinggian tebing-tebing tersebut sekitar 100 hingga 500 meter, seperti dikutip dari laman Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Lima Puluh Kota.

Sementara itu, kemiringan tebing yang mengapit Lembah Harau mencapai 90 derajat, seperti dilansir dari Tribun Travel. Keberaadaan tebing-tebing curam tersebut, menjadikan Lembah Harau sebagai salah satu spot panjat tebing terbaik di Indonesia.

Setelah berhasil menaklukkan tebing Lembah Harau, para pemanjat tebing akan disuguhi keindahan ngarai dari puncak tebing.

Baca juga:

3. Arti nama Harau 

Nama Harau ternyata memiliki makna bersejarah. Mengutip Kompas.com (10/7/2014), nama Harau diyakini berasal dari kata parau, yang artinya suara serak.

Berdasarkan cerita masyarakat sekitar, dulunya kawasan Bukit Jamu di Lembah Harau kerap menghadapi banjir dan longsor. Penduduk pun kerap berteriak sehingga suaranya menjadi parau.

Suara parau pun menjadi ciri khas penduduk daerah itu. Oleh sebab itu, wilayah tersebut dinamakan orau,  kemudian berubah menjadi arau.

Akhirnya, penyebutan orau berubah menjadi Harau, sekaligus menjadi nama wilayah.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com