Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkunjung ke Kampung Tugu Jakarta Utara, Bisa Ngapain Aja?

Kompas.com - 01/10/2023, 06:06 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tidak banyak yang menyadari bahwa hadirnya orang Portugis di belahan utara Jakarta, tepatnya di Kampung Tugu, nyatanya punya peran penting bagi ragam budaya di sana. 

Salah satu contoh nyata yang dapat dirasakan hingga saat ini yaitu hadirnya musik keroncong di tengah masyarakat. Tidak hanya diminati oleh kalangan orang tua, musik keroncong kini juga merambah ke kalangan anak muda.

Baca juga: Menelusuri Sejarah Hadirnya Orang Portugis di Kampung Tugu

"Keroncong di Kampung Tugu merupakan asal muasal keroncong di Indonesia. Penyebaran musik ini terjadi karena lokasinya dekat dengan pelabuan dan akulturasi," kata pemandu Wisata Kreatif Jakarta, Yuli, Rabu (27/9/2023).

Bila hendak menengok Kampung Tugu, kamu bisa berpatokan ke lokasi yang biasa ditempati orang tugu jika sedang ada acara besar.

Lokasiya di Jalan Raya Tugu Samper Barat Nomor 20, RT 10, RW 6, Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara.

Semarak di Kampung Tugu bisa dirasakan ketika Tahun Baru Masehi karena ada tradisi yang dirayakan.

Aktivitas di Kampung Tugu

Meskipun begitu kamu bisa datang ke Kampung Tugu pada hari biasa, dan mencoba beberapa aktivitas berikut.

1. Lihat gereja bersejarah

Gereja Tugu merupakan gereja bersejarah di Kampung Tugu, lokasinya di Jalan Raya Tugu Samper Barat Nomor 20, RT 10, RW 6, Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara.

Menurut penjelasan dari Yuli, Gereja Tugu didirikan pertama kali pada 1676-1678. Setelah itu sempat hancur saat peristiwa geger pecinan pada 1740, lalu dibangun kembali pada 1740-1744.

Kata Yuli, setiap ornamen Gereja Tugu masih asli, baik dari bentuk konstruksi jendela, pintu, tiang penyangga, atap, dan bahkan mimbar pendeta.

Gereja Tugu, salah satu peninggalan Portugis di Kampung Tugu, Jakarta Utara, Rabu (27/9/2023).Kompas.com/Suci Wulandari Putri Gereja Tugu, salah satu peninggalan Portugis di Kampung Tugu, Jakarta Utara, Rabu (27/9/2023).

"Bentuk bangunan Gereja Tugu ini terinspirasi dari gereja-gereja kuno yang ada di pedesaan Belanda," kata Yuli.

Selain melihat gereja, ikon berikutnya yang tak boleh terlewatkan yaitu lonceng gereja. Jika biasanya lonceng gereja berada di dalam gereja, lain halnya lonceng Gereja Tugu yang diletakkan di luar bangunan gereja.

Baca juga: Menelusuri Kampung Tugu, Jejak Portugis di Utara Jakarta

"Salah satu bukti bahwa gereja ini ialah gereja kuno, loncengnya tidak berada di dalam gereja, melainkan di luar gereja," katanya.

Lonceng gereja yang dipasang di sini bukanlah lonceng asli sejak gereja dibangun. Melainkan lonceng kedua, mengingat lonceng asli sudah rapuh dimakan usia.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com