Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Dimaksud dengan Early Check In Hotel? 

Kompas.com - 07/10/2023, 22:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

Sumber Trip Savvy

KOMPAS.com - Ada sejumlah istilah seputar perhotelan yang perlu diketahui calon tamu. Salah satunya adalah early check in hotel.

Apa yang dimaksud dengan early check in hotel? Melansir dari Trip Savvy, early check in adalah saat tamu masuk ke kamar sebelum jadwal yang sudah ditetapkan pihak hotel. Pada umumnya, jadwal check in yang sudah ditetapkan pihak hotel adalah pukul 14.00 waktu setempat.

Baca juga:

Namun, kerap kali tamu sudah tiba di hotel sebelum pukul 14.00. Misalnya, tamu yang datang dari luar kota sudah tiba di hotel pukul 07.00, lantaran menyesuaikan dengan jadwal kereta atau pesawat.

Nah, apabila tamu tersebut masuk kamar hotel alias check in pukul 07.00, maka dikategorikan sebagai early check in. Sebab, jadwal check in yang sudah ditetapkan oleh pihak hotel adalah pukul 14.00. 

Ilustrasi resepsionis hotel.PEXELS/ANDREA PIACQUADIO Ilustrasi resepsionis hotel.

Melansir dari situs Parador Hotel, setiap hotel memiliki aturan yang berbeda-beda mengenai early check in. Beberapa hotel menyediakan fasilitas early check in, khususnya bagi tamu penting atau tamu yang sudah bergabung menjadi member hotel.

Biasanya, early check in dapat dilakukan, dengan syarat kamar yang dipesan tamu sudah tersedia dan tamu sebelumnya yang menginap di kamar tersebut sudah check out.

Baca juga:

Namun demikian, ada sejumlah hotel yang tidak menyediakan layanan early check in. Artinya, jika tamu datang lebih awal maka tetap harus menunggu hingga waktu check in pukul 14.00.

Oleh sebab itu, sebaiknya tamu mencari tahu informasi seputar early check in pada hotel tujuan guna mengantisipasi kedatangan lebih awal dari jadwal check in.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com