Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Anisatul Auliya
Dosen

Seorang Dosen dan Mahasiswa S3 Sekolah Ilmu Lingkungan, Universitas Indonesia

Pengelolaan Bisnis "Wellness Tourism" di Indonesia

Kompas.com - 19/10/2023, 12:31 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

INDONESIA kaya akan alam, budaya, dan sejarah, lebih dari 17.000 pulau yang sudah berpenghuni dan tidak berpenghuni, lebih dari 300 ragam etnis dan 718 keanegaragaman Bahasa daerah.

Selain itu, Indonesia sangat terkenal sebagai negeri rempah penghasil cengkeh, lada, kayumanis, pala, dan lainnya, yang masing-masing kaya manfaat.

Sehingga, tidak ada alasan ketika pariwisata Indonesia tidak bisa melakukan pengembangan produk sesuai dengan kebutuhan wisatawan.

Salah satu produk wisata yang sedang dikembangkan di banyak negara, termasuk di Indonesia, yakni wellness tourism.

Wellness tourism merupakan kegiatan perjalanan seseorang yang keluar dari tempat tinggal biasanya ke suatu destinasi wisata untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan fisik dan mental mereka.

Menurut Global Wellness Institute, setiap negara sudah memetakan jenis tradisi wellness yang dikembangkan.

Singapura menawarkan urban wellness, healthy restaurant, sound healing. Rusia menawarkan Banya. Thailan menawarkan medical wellness, thai massage, SPA dan medical tourism.

Indonesia menawarkan jamu herbal medicine, balinese massage, essential oils, dan lainnya. 

Indonesia menempati peringkat 218 di seluruh dunia dengan total 3,3 juta wisatawan yang melakukan perjalanan terkait wellness tourism, baik dari tamu luar negeri maupun domestik.

Wellness tourism dikembangkan di tiap negara sesuai karakteristik negara masing-masing. Kegiatan wisata ini bertujuan agar manusia dapat lebih meningkatkan kesehatan, mencegah penyakit dan memperoleh keseimbangan kesehatan antara pikiran, jiwa, dan tubuh melalui kegiatan wisata.

Indonesia sebagai daerah tujuan wisata memiliki potensi berbagai jenis kegiatan wellness tourism seperti perawatan lulur dengan bahan rempah, jamu herbal, kuliner tradisional, SPA, yoga dengan pemandangan alam dan lainnya.

Menurut GWI (2022), Indonesia menawarkan berbagai jenis pengalaman penyembuhan bagi pikiran, tubuh dan jiwa.

Destinasi wellness tourism di Indonesia antara lain di Bali dengan SPA, kuliner herbal, melukat, akomodasi mewah dan ramah lingkungan.

Solo terkenal dengan tradisi aromaterapi, tanaman obat jamu sebagai obat herbal tradisional Indonesia. Yogyakarta terkenal dengan yoga, kuliner Nusantara, mengunjungi home industry pembuatan jamu tradisional serta mengunjungi candi untuk mempelajari sejarah dan meditasi di sekitar candi.

Pengelolaan bisnis di bidang pariwisata, khususnya pada bidang wellness tourism tidak dapat sukses secara mandiri tanpa melibatkan pihak lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com