Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemah di Tengah Waduk Sermo Kulon Progo, Indahnya Sunrise dari Balik Bukit Menoreh

Kompas.com - 28/10/2023, 15:03 WIB
Dani Julius Zebua,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KULON PROGO, KOMPAS.com – Matahari terbit seperti bola terang di langit. Keindahan itu sulit dilewatkan. 

Salah satu sudut terbaik menyaksikan matahari pagi itu adalah darat luas berumput hijau di Taman Gudang di sisi Barat waduk Sermo, wilayah Pedukuhan Sermo Tengah, Kalurahan Hargowilis, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Taman Gudang area glamour camping (glamping) di tepian danau waduk kawasan Sermo Tengah.

Baca juga: Rute ke Jalan Baru Waduk Sermo yang Membelah Perbukitan

Berdiri di sana, menyaksikan matahari perlahan menyebul dari punggung baris Bukit Menoreh, bikin takjub akan ciptaan Ilahi itu. 

“Kita menghadap ke Timur. Saya bermalam di sini untuk bisa menyaksikan matahari terbit,” kata Agus Marto, wisatawan lokal asal Pengasih, Kulon Progo, Minggu (28/10/2023).

Ia baru selesai bermalam dan berkemah demi membuat short video untuk media sosial miliknya.

Camping di Waduk Sermo

Camping ground Sermo Tengah telah lama menjadi tempat wisata berkemah. Lokasi camping memanfaatkan secuil daratan menjorok ke perairan danau waduk. 

Pelajaran untuk berkemah terasa semakin luas seiring menyusutnya air Waduk Sermo akibat musim kemarau setiap tahun.

Baca juga: Harga Tiket Masuk Wisata Waduk Sermo, Kulon Progo, Cukup Murah

Daratan seolah  muncul begitu saja dari air, padahal ini fenomena debit air waduk yang terus turun karena cuaca panas tanpa hujan dalam jangka panjang. 

Hampar tanah berumput hijau jadi terasa lapang.  Bahkan, daratannya memanjang menuju tengah danau. Sampai-sampai, bekas makam pada masa lalu terlihat dan menonjol.

Banyak pengunjung menyukai mendirikan tenda  ke arah tengah, demi mendapat sudut foto-foto terbaik, mentari menggantung, kepungan air tenang, atau memotret aktivitas nelayan bersampan menjala ikan. 

Daratan di Taman Gudang berada pada sisi Barat waduk Sermo, wilayah Pedukuhan Sermo Tengah, Kalurahan Hargowilis, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini jdi aalah satu pilihan wisata berkemah di Kulon Progo.DOKUMENTASI WARGA/AGUS S Daratan di Taman Gudang berada pada sisi Barat waduk Sermo, wilayah Pedukuhan Sermo Tengah, Kalurahan Hargowilis, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini jdi aalah satu pilihan wisata berkemah di Kulon Progo.

Area camping ini bisa menampung lebih dari 150 tenda ukuran empat orang per tenda. Sebanyak 500 orang saja terasa belum penuh.

Kunjungan paling ramai pada tiap malam Sabtu dan malam Minggu. Semua demi melihat matahari muncul dari peraduannya pagi hari.

Baca juga: 6 Aktivitas Seru di Sermo Glamour Camp, Lihat Sunrise hingga Kayaking

“Rasanya ini kelebihan camping ground di sini. Lebih indah. Apalagi sunrise atau matahari terbut,” kata Agus.

Waduk Sermo

Waduk Sermo dulunya merupakan perkampungan yang berubah jadi waduk pada puluhan tahun lalu. Ratusan keluarga bedhol desa transmigrasi ke Sumatera.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com